Muhammadiyah Surabaya Forum Menjadi Ajang Reuni Ketua PDM Kota Surabaya | Berita Populer Lazismu

 

Ustadz Hamri Al Jauhari memberi sambutan di MSF PDM Kota Surabaya. (Abdul Hakim)


LAZISMU.COM-Bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke-109, PDM Surabaya menyelenggarakan acara Muhammadiyah Surabaya Forum (MSF), di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Selasa (23/11/2021)


Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya Ustadz KH Hamri Al Jauhari, MPdI menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah. Alhamdulillah, bertepatan dengan acara Milad Muhammadiyah ke 109, PDM Surabaya menyelenggarakan berbagai acara spesial. Malam ini kita bisa hadir di Gedung Megah SD Mudipat Surabaya di ruang Prof. Dr. Din Syamsuddin. 


"Semoga segenap pengurus PD Muhammadiyah Kota Surabaya serta Pimpinan PCM, Pimpinan AUM, dan Ortom semakin dapat melaksanakan amanatnya. Tentu pesan dan masukan dari berbagai pihak sangat kita harapkan demi kemajuan persyarikatan yang kita cintai ini," Demikian sambutan Drs H KH Hamri Al Jauhari, MPdI mengantar pembukaan acara MSF  yang dihadiri tokoh dan pimpinan PCM se Surabaya ini,  Ketua Ortom, Ketua Lembaga, dan undangan lainnya.


Sementara itu, Prof Dr H Haidar Nasir yang menjadi keynote speaker melalui zoom memberikan tausiyah.

"Malam ini adalah malam spesial. PDM Surabaya menyelenggarakan MSF dalam suasana milad Muhammadiyah. Kita memang perlu melakukan refleksi untuk merenungkan kembali mengapa Muhammadiyah lahir dan besar. Mengapa Muhammadiyah mengemban peran dakwah, sosial dan kebangsaan. Mengapa organisasi ini lahir dan menjadi organisasi terbesar dengan berbagai amal usaha hingga mencapai usia lebih satu abad ini," katanya.


"Muhammadiyah lahir di tengah kondisi negeri muslim yang terjajah, terbelakang, dan miskin. Umat Islam saat itu berada dalam kungkungan penjajah. Muhammadiyah karena itu harus terus meningkatkan kontribusi sebagai organisasi yang menggunakan Muhammadiyah sebagai nama persyarikatan," tegasnya.


Menurutnya, Muhammadiyah harus melanjutkan misi kenabian penegak risalah, dan membangun akhlaqul karimah. "Muhammadiyah mengemban misi kebesaran dan kemuliaan Islam sebagai agama tertinggi. Karena itu Muhammadiyah harus terus berikhtiar melahirkan generasi terbaik sebagaimana ditegaskan dalam Alquran Surat Ali Imron 110," ujarnya.


"KH Ahmad Dahlan terpanggil untuk melanjutkan misi kenabian melalu dakwah amar makruf nahi munkar dan tajdid demi mewujudkan umat dengan prestasi dan peradaban terbaik. Muhammadiyah adalah harokah Islam yang hendak melanjutkan misi profetik ini demi mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil alamin," tuturnya.


Muhammadiyah, kata dia harus terus berikhtiar mengaktualisasikan amanat mulia itu di tengah persaingan global. "Warga Muhammadiyah harus lebih faham tentang Islam, ke Muhammadiyahan dan berbagai perkembangan dunia agar dapat memberikan sumbangan terbaik bagi peradaban dunia yang mencerahkan sesuai Alquran dan Sunnah," katanya. 


"Kita harus membaca kembali pikiran-pikiran KH Ahmad Dahlan agar semakin mantap dalam ber-Islam dan ber-Muhamamdiyah sebagai landasan dalam menjalankan amanat. Muhammadiyah berkembang karena berhasil memberikan peran keumatan di berbagai bidang. Pendidikan, dakwah, kesehatan, keilmuan, dan kebangsaan," tambahnya.


"Alhamdulillah berkat pertolongan dan karunia Alloh, kita semua dapat istiqomah dalam mengawal Muhammadiyah," tukasnya.


Selain Ketua PP Muhammadiyah, hadir menjadi narasumber pada diskusi MSF ini Ketua PDM Drs KH Hamri Al Jauhari, para mantan Ketua PDM di antaranya, Drs KH Syaifuddin Zaini, MPdI,  Drs KH Zayyin Chudori, MAg, dan  Dr KH Mahsun Jayadi, MAg, serta Dr Aribowo, MS, pakar sosial-politik dari Universitas Airlangga Surabaya. (Abdul Hakim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Zakat Uang Yang Masih di Pinjam Orang Lain | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama : Hukum Membayar Zakat Secara Online | Berita Populer Lazismu