Dunia Pendidikan: Mengamati Sekolah Lain | Berita Populer Lazismu

 

Ir Sudarusman. (Dok Lazismu)


Mengamati Sekolah Lain

Oleh: Ir Sudarusman 


LAZISMUSBY.COM-Bila sekolah ingin tetap bertahan, Bahkan lebih maju lagi dituntut untuk memiliki kemampuan melihat kedalam atau sering disebut dengan melakukan konsolidasi. Namun itu saja tidak cukup. Tidak kalah penting sekolah juga memperhatikan tumbuh kembang sekolah lain. Kita tidak boleh merasa paling maju, merasa paling baik. Tapi sebaiknya kita juga tahu produk-produk apa saja yang menyebabkan sekolah lain itu terus tumbuh dan berkembang. Dengan harapan sekolah yang kita kelola mampu mencipta peluang yang tidak sama dengan mereka sehingga positioning, diferensiasi dan brand yang kita miliki tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu saya mengajak warga sekolah keberbakatan SMAM-X untuk terus melakukan inovasi dengan tetap memperhatikan tumbuh kembang sekolah lain.


Untuk melakukan persaingan secara sehat, sekolah harus saling melakukan kerjasama, bahkan saling membantu sekolah satu dengan sekolah lainnya. Kita tidak boleh menganggap sekolah lain sebagai pesaing dan saling menjatuhkan. Justru jika itu yang terjadi yang rugi sekolah itu sendiri. Jadi sesama sekolah harus berkompetisi dengan sehat,  saling memberi dan saling mendukung. Yang paling penting sekolah diharap lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan pendidikan akibat adanya regulasi dari pemerintah. Dan sekolah harus ada keberanian mencari tahu apa saja yang harus diperhatikan dari regulasi yang dikeluarkan pemerintah. Untuk mendukung itu semua warga sekolah juga dituntut untuk menjadi pembelajar yang baik.


Diharapkan setiap warga sekolah memahami bahwa persaingan antar sekolah yang terjadi saat ini sudah sangat terbuka. Maka sebagai pimpinan sekolah harus selalu mengajak warga sekolah bersama-sama mempelajari tantangan yang akan dihadapi oleh sekolah dan mengetahui bagaimana tumbuh kembang sekolah lain. Tidak cukup itu, di tengah persaingan yang ketat saat ini khusus di situasi pandemi covid-19 sekolah melalui tim marketingnya harus mengidentifikasi kegelisahan dan keinginan konsumen agar dapat memilih pikiran, hati dan sisi spritual. Karena itu, sekolah yang ingin menjadi ikon harus berbagi mimpi yang sama dengan konsumen dan membuat perbedaan.


Sebuah sekolah yang mampu bertahan lama daerah percepatan teknologi dan pengetahuan saat ini tentunya sekolah yang memilih strategi khusus dan perencanaan yang kalkulatif dalam menghadapi persaingan antar sekolah yang semakin terbuka saat ini. Ini semua, sekolah keberbakatan SMAM-X sudah melaksanakan. Hal itulah yang menyebabkan SMAM-X menjadi sekolah yang dikenal dan diminati oleh masyarakat. Apa yang telah dilakukan oleh SMAM-X bisa menjadi pelajaran. Persaingan saat ini jauh lebih berat karena sudah sangat terbuka, sekolah satu dengan sekolah lain sudah sama-sama memahami isi kurang dan sisi lebih, tinggal bagaimana masing-masing sekolah mengelola SDM yang ada di sekolah masing-masing.


Namun, Sekolah keberbakatan SMAM-X termasuk sekolah baru yang berusia 6 tahun benar-benar mampu bersaing dengan sekolah unggul, khususnya Dalam persaingan terbuka antar sekolah saat ini,  nyatanya hingga pada usia ke 6 tahun kepercayaan masyarakat terhadap SMAM-X masih cukup tinggi. Bahkan sesama sekolah yang baru berdiri di Kota Surabaya, SMAM-X masih menjadi yang terbaik. Ini semua karena SDM yang terlibat di SMAM-X selalu memegang teguh keyakinan setelah sulit itu pasti ada kemudahan dan tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan. Oleh karena itu, mereka selalu membayangkan dan menghayalkan segala kemungkinan. Kemauan yang kuat dan berani mengambil risiko itulah membawa SMAM-X pada keyakinan tidak ada yang tidak mungkin, dengan kerja keras dan ikhtiar semua yang kita inginkan pasti bisa terpenuhi. Salah satu motto sekolah "melangkahlah ke depan dengan penuh optimis" bisa menjadikan SMAM-X terus tumbuh dan berkembang.


Slogan melangkah ke depan dengan optimis menjadi bagian dari Spirit bangkit keluarga besar sekolah keberbakatan, hampir setiap saat mereka menyebut melalui "Hymne SMAM-X." Tidak hanya sekadar memotivasi namun perlu dipahami bahwa slogan merupakan salah satu elemen penting pada sebuah brand. Sama seperti logo, Mengapa? Karena slogan dan logo lembaga pendidikan ikut membantu masyarakat untuk mengingat sebuah karya. Slogan merupakan pernyataan pendek yang menggambarkan sebuah sekolah. Slogan yang unik dan menarik serta kekinian akan mudah dan sangat membantu di dalam memasarkan produk unggulan sebuah sekolah. (Ir Sudarusman)

Komentar

  1. Bagus sekali....blum ada sekolah yang menyadari kekurangan .nya dan selalu menjaga mutu.....selain di SMAMX...๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘..kebanyakan sekolah merasa unggul tapi tidak mau intropeksi diri....

    BalasHapus
  2. Harusnya memang seperti itu cara berfikir progressive. Dengan diawali Niat yg tulus tanpa ada kepentingan yg lain kecuali hanya kepentingan yg mengedepankan pendidikan yg bermutu dan manfaat bagi anak anak bangsa ini semata mata untuk menyiapkan masa depan yg cemerlang berbasic keimanan dan ketaqwaan serta wawasan keilmuan tentang keislaman sesuai gerak langka Muhammadiyah berkemajuan dan mandiri to survival their future life. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu