Merdeka itu Bersatu Membangun, Perbanyak Sedekah dan Berdayakan Dhu'afa | Berita Populer Lazismu

 

Ustadz Sunarko. (Dok Lazismu)

MERDEKA ITU BERSATU MEMBANGUN, PERBANYAK SEDEKAH, BERDAYAKAN DHUAFA

Oleh : Sunarko, S.Ag, M.Si)*


Tiada kata yang terindah yang patut kita ucapkan kecuali kata Syukur Alhamdulillah, karena atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa negeri ini bisa dikaruniai Allah SWT berupa Kemerdekaan. Maka pada HUT Kemerdekaan RI ke-76 kita harus wajib mensyukuri kemerdekaan itu sekaligus terus bersatu padu bahu membahu berkontribusi nyata ikut andil dalam membangun negeri, mewujudkan Indonesia yang Adil, makmur, sejahtera, aman , tentram dan semoga segera terwujud Indonesia yang baldatun thoyyibatun Wa Rabbun Ghofur dalam Ridho Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.


Diusia kemerdekaan yang ke-76 ini sesungguhnya negeri kita masih mengalami tiga problem besar yakni masih banyaknya angka pengangguran, masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan masih cukup tinggi disamping hutang luar negeri yang terus membengkak. Ini adalah PR kita bersama. Sebab jika tidak kita atasi akan menjadi beban buat anak cucu kita nantinya. Terlebih dengan musibah Covid-19 sejak pertengahan Maret 2020 tentu sangat memperparah kondisi yang ada. Semoga keadaan semacam ini segera teratasi dengan dicabutnya segera oleh Allah makhluk Allah yang bernama Covid-19.


Pada peringatan Kemerdekaan ke-76 ini mari seluruh rakyat Indonesia didalam rangka mengisi kemerdekaan ini kita syukuri dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan, bergotong royong, kerja keras, peningkatan Sumber Daya Insani (SDM) serta utamanya peningkatan Iman dan Taqwa (IMTAQ) agar bangsa ini diberikan kemudahan dalam rangka mewujudkan amanah UUD 1945 menuju Indonenesia adil dan Makmur.


Kita tetap optimis, Sumber Daya Alam luar biasa yang dimiliki bangsa ini kalau dikelola sepenuhnya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat di tambah pimpinan yang selalu peduli dan dekat dengan rakyat maka berbagai persoalan yang dihadapi negeri ini akan bisa teratasi.


Semoga hidayah Allah diturunkan kepada negeri ini, mulai para pemimpinnya dan seluruh masyarakatnya mendapatkan bimbingan berupa iman dan taqwa kepada Allah SWT. Karena TAQWA adalah solusi mengatasi berbagai macam permasalahan di dunia ini. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat At-Talaq ayat 2 bagian akhir


‌ ۙ وَمَنۡ يَّـتَّـقِ اللّٰهَ يَجۡعَلْ لَّهٗ مَخۡرَجًا

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya...". (QS. At Talaq ayat 2)


Solusi menghadapi berbagai permasahan termasuk musibah Covid-19 adalah hanya dengan jalan Taqwa. Yakni kepatuhan, ketundukan secara total kepada Allah menjalankan segala perintahNya, menjahui semua laranganNya.


Semoga di peringatan tasyakuran kemerdekaan RI yang ke-76 kita seluruh rakyat Indonesia bisa merenung, bermuhasabah, evaluasi diri kenapa musibah covid-19 ini belum segera berakhir. Ihtiar dhohir kita lakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sedangkan ihtiar batin perlunya terus semakin mendekatkan diri kepada Allah, perbanyak istighfar, perbanyak baca Al-Qur'an, sholat tepat waktu, perbanyak TAHAJJUD, perbanyak sedekah untuk berbagi kepada sesama yang hidupnya saat ini susah karena terdampak Covid-19. 


Ihtiar batin dengan terus meningkatkan IMAN DAN TAQWA kepada Allah SWT semoga badai covid-19 segera berakhir. Karena hanya dengan Taqwalah selalu mensyukuri nikmat Allah musibah ini akan berakhir dan Allah akan ganti bencana demi bencana menjadi keberkahan-keberkahan yang Allah turunkan dari langit dan bumi sehingga tetwujud Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, aman dan tentram dalam ridho Allah SWT.

QS. Al-A’raf Ayat 96

وَلَوۡ اَنَّ اَهۡلَ الۡقُرٰٓى اٰمَنُوۡا وَاتَّقَوۡا لَـفَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَالۡاَرۡضِ وَلٰـكِنۡ كَذَّبُوۡا فَاَخَذۡنٰهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf ayat 96)


Juga dalam QS. Ibrahim Ayat 7

وَاِذۡ تَاَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕنۡ شَكَرۡتُمۡ لَاَزِيۡدَنَّـكُمۡ‌ وَلَٮِٕنۡ كَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِىۡ لَشَدِيۡدٌ‏

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."(QS. Ibrahim ayat 7)


Hanya Taqwalah solusi jalan keluar dari musibah Covid-19. Taqwa lainnya juga dengan terus berhablun minallah, hablun minannaas dengan terus merajut tali silaturrahim, terus jaga persatuan kesatuan bersama-sama membangun, bergotong royong, kerja keras dan perbanyak SEDEKAH membantu sesama yang saat ini dalam kesulitan akibat musibah Covid-19. 


Merdeka berarti berbagi perbanyak sedekah berdayakan para dhuafa, karena berbagi itu indah, berbagi itu peduli, berbagi itu mulia, berbagi itu bukti cinta dan Taqwa.


SEDEKAH TIDAK MENGURANGI HARTA, TAPI MEMBAWA BERKAH


Rasululloh shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ ... 

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.....” [HR.Muslim]


Makna hadits di atas sebagaimana dijelaskan oleh Imam An Nawawi rahimahulloh ada dua penafsiran:

Harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya. Ini bisa dirasakan secara inderawi dan kebiasaan.

Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Alloh dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak.


Syaikh Muhammad bin Shaleh Al ‘Utsaimin rahimahulloh menerangkan hadits di atas dengan mengatakan, “Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam tidaklah mengucapkan sesuatu berdasarkan hawa nafsunya semata. Beliau bersabda, “Sedekah tidaklah mungkin mengurangi harta”. Kalau dilihat dari sisi jumlah, harta tersebut mungkin saja berkurang. Namun kalau kita lihat dari hakekat dan keberkahannya justru malah bertambah. Boleh jadi kita bersedekah dengan 10 riyal, lalu Alloh beri ganti dengan 100 riyal. Sebagaimana Alloh Ta’ala berfirman,

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Alloh akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39). 


Alloh SWT akan mengganti bagi kalian sedekah tersebut segera di dunia. Alloh pun akan memberikan balasan dan ganjaran di akhirat.


Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76 semoga musibah Covid-19 segera berlalu dan Allah segera turunkan negeri ini barokah dari langit dan bumi sehingga menjadi negeri yang adil, makmur sejahtera Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

----------------------------------------------------

)*Penulis adalah Ketua Badan Pengurus LAZISMU Kota Surabaya. Kasi Bina Sosial Keagamaan Dinas Sosial Kota Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu