Dunia Pendidikan: Mengutamakan Passion | Berita Populer Lazismu

 


Ir Sudarusman. (Dok Lazismu)


LAZISMUSBY.COM - Salah satu prinsip sekolah keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Science SMA Muhammadiyah 10 Surabaya di singkat MBA Spartans SMAM-X adalah cara pemilihan jurusan betul-betul atas dasar "keinginan siswa atau passion" tidak lagi pemilihan jurusan berdasar nilai akademik siswa. Mengapa? Sistem ini dinilai sangat demokratis dan menghargai pilihan dan passion siswa. Sebab tidak sedikit sering kita jumpai siswa salah pilih jurusan. Penyebabnya salah pertimbangan, paksaan orang tua, atau ikut-ikutan teman. Maka dari itu, hingga sekarang sekolah keberbakatan SMAM-X terus mempertahankan budaya pemilihan jurusan atau peminatan sesuai keinginan dan passion siswa. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi salah masuk jurusan, maka panitia PPDB bersama tim pengembang bakat minat siswa membuat perencanaan yang kalkulatif, sebelum awal tahun ajaran dimulai sudah dilakukan prosesi penjurusan siswa baru.


Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pemilihan jurusan benar-benar harus mengikuti SOP peminatan, salah satunya siswa benar-benar diberikan hak sepenuhnya memilih sesuai dengan yang diminati. Dalam pemilihan jurusan tidak kaku, siswa diberikan kesempatan selama satu semester apabila kurang pas, diberikan kesempatan untuk menentukan pilihan yang benar-benar cocok dan sesuai passion. Tidak hanya itu, sekolah juga memberikan bahan pertimbangan bagi siswa yang akan memilih jurusan melalui hasil tes. Sekali lagi tes yang dilakukan sekolah bukannya untuk menentukan pilihan, namun hanya sekedar bahan pertimbangan bagi siswa sebelum menentukan pilihan jurusan.


Selain itu, bagi siswa yang memiliki prestasi baik akademis maupun non akademis, serta penghafal ayat-ayat Al-Quran termasuk kategori siswa berprestasi. Tidak cukup hanya melalui peminatan berdasar passion tapi juga dilakukan placement test atau tes penempatan. Benar-benar peminatan mempertimbangkan bakat, minat, dan kemampuan siswa. Dengan harapan para siswa prestasi harus lebih hati-hati dalam menentukan pilihan jurusannya,  tidak hanya berpikir saat ini, namun siswa harus memilih jurusan yang mampu mendukung prestasinya.


SMAM-X meyakini, prinsip peminatan sesuai keinginan dan passion siswa sudah sesuai dengan sistem pendidikan yang ada di sekolah keberbakatan SMAM-X yaitu menyesuaikan passion siswa dengan menerima siswa dalam kondisi apapun. Oleh karena itu, sekolah secara terencana terus meningkatkan model peminatan siswa ini dengan meningkatkan peran tim pengembangan minat dan bakat yang selama ini memfasilitasi bagi siswa-siswa yang berprestasi baik akademis, non akademis termasuk siswa penghafal Al-Quran.


Keberadaan tim pemandu bakat, minat sesuai passion yang ada di sekolah keberbakatan SMAM-X benar-benar turut berjasa dalam mengembangkan prestasi siswa, tidak hanya itu, tim juga mampu memberikan  bekal sukses bagi setiap siswanya mampu memecahkan problema dirinya dan orang lain saat ini dan di masa akan datang. Jadi peran tim peminatan dan pemandu bakat sudah tepat, memanfaatkan naluri baik manusia maupun individu untuk maju dan berkembang. (Ir Sudarusman)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu