Beasiswa Bebas Biaya di 126 SMP Swasta Surabaya | Berita Populer Lazismu

 



   

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji. (Dok Pemkot)

LAZISMUSBY.COM - Pemkot Surabaya menyediakan fasilifas beasiswa biaya sekolah gratis di hampir semua SMP swasta di kota ini. Asal mereka dari warga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), siswa ini akan dibebaskan seluruh biaya pendidikan meski bersekolah di SMP swasta.

"Ada 146 SMP swasta yang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya. Mereka menampung siswa MBR. Inilah Jalur Mitra Warga SMP Swasta. Bebas SPP dan biaya lainnya," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Jumat (25/6/2021).

Program tersebut akan diberlakukan tahun ini usai tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri tuntas. PPDB SMP negeri berakhir akhir Juni ini. 

Selain berlaku beasiswa Mitra Warga SMP swasta, untuk kali pertama PPDB SMP swasta juga dibuka melalui web yang sama dengan PPDB SMPN.

"Sekolah Negeri Swasta Podo apike Rek. Dimana pun bisa berprestasi. Sing penting niatan menuntut ilmu. Arek Suroboyo kudu semangat sekolah cek isok ngangkat derajat keluarga. Semangat Yo Rek!" Tandas Wawali Cak Ji.

Pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan menjamin setiap warga kategori MBR atau kurang mampu tetap bisa menempuh pendidikan SMP melalui beasiswa.

Program tersebut didanai dari berbagai CSR Perusahaan swasta yang telah menandatangani MOU dengan pemerintah Kota Surabaya. Juga program orang tua asuh bagi anak-anak MBR. Mereka dibiayai selama 3 tahun.

Pendaftaran terbuka melalui website PPDB.surabaya.go.id. Cak Ji menyebut itu program Wali Kota Eri Cahyadi dan Wawali Armuji (Eri-Armuji) untuk warga Surabaya.

"Selain itu kita menyadari bahwa peran sekolah swasta tidak bisa ditinggalkan dalam penyelenggaraan pendidikan di Surabaya," katanya. 

Perogram jalur mitra warga bagi siswa MBR di SMP Swasta adalah bagian deri upaya pemerataan Kualitas Pendidikan di Kota Surabaya. Tidak ada disparitas antara sekolah Negeri dan swasta.(*)


(*)

Nuraini Faiq

Editor: Ndaru Wijayanto. Co Editor: Habibullah Al Irsyad 

Sumber: Tribun Jatim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu