Ngaji Tafsir Al Quran: Tetap Melakukan Kebaikan Ketika Banyak Orang Yang Tidak Melakukan Kebaikan | Berita Populer Lazismu

 

Ustadz H Ali Fauzi mengisi materi tafsir di Masjid At Taqwa Perintis Kenjeran. (Habibie)


LAZISMUSBY.COM-Kita tetap beriman ketika banyak orang tidak beriman, kita tetap melakukan kebaikan ketika banyak orang yang tidak melakukan kebaikan, jangan ikut-ikutan dan terpengaruh oleh kejelekan dan keburukan.


Demikian disampaikan Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kenjeran Ustadz H Ali Fauzi, MAg dalam kegiatan ngaji tafsir Alquran di Masjid Attaqwa perintis Jl Dukuh Bulak Banteng Perintis Utama II/1 Bulak Banteng Kenjeran Surabaya, Sabtu (08/05/2021).


Ali Fauzi, mengatakan, Dipenghujung Ramadhan ini mari kita tetap bersyukur kepada Allah Subhaanahuu Wata'ala atas kesempatan yang diberikan kepada kita, kita juga tidak tahu apakah nanti tahun depan kita bisa ketemu lagi dengan bulan Ramadhan.


"Di sepuluh terakhir para malaikat berebut ingin turun kebumi, dia ingin menyaksikan apa yang dilakukan oleh penduduk bumi, yang itu tidak bisa dilakukan oleh penduduk langit," katanya.


Ada dua hal, katanya, Pertama, para malaikat ingin melihat rintihan yang disampaikan oleh penduduk bumi, apa yang disampaikan kepada Allah.


Kedua, pada sepuluh malam terakhir banyak penduduk bumi yang memberikan sesuatu kepada masyarakat yang kesusahan seperti zakat. "Malaikat turun itu karena mereka ingin melihat, karena penduduk langit tidak bisa melakukan, mari perbanyak permohonan ampunan kepada Allah dan memberi kepada orang yang kesusahan," ujarnya.


Pada pagi hari ini, kata dia, mari kita lanjutkan kajian tafsir kita surat Al baqarah ayat 80-82 sebagaimana berikut.



Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَقَالُوا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلَّآ أَيَّامًا مَّعْدُودَةً  ۚ قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُۥٓ  ۖ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

"Dan mereka berkata, "Neraka tidak akan menyentuh kami kecuali beberapa hari saja." Katakanlah, "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan mengingkari janji-Nya, ataukah kamu mengatakan tentang Allah, sesuatu yang tidak kamu ketahui?" (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 80)


Melalui ayat ini Allah menceritakan perihal orang-orang Yahudi tentang apa yang mereka nukil dan mereka dakwakan untuk dirinya sendiri, bahwa diri mereka tidak akan disentuh oleh api neraka kecuali hanya beberapa hari saja, setelah itu mereka selamat. Maka Allah menyangkal pengakuan tersebut melalui firman-Nya:


{قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا}


Katakanlah, "Sudahkah kalian menerima janji dari Allah...." (Al-Baqarah: 80)

tentang hal tersebut. Apabila telah terjadi suatu perjanjian, pasti Allah tidak akan mengingkari janji-Nya. Tetapi yang terjadi adalah sebaliknya dan apa yang mereka akui itu sama sekali tidak ada buktinya. Karena itu. dalam ungkapan ayat dipakai kata am yang bermakna bal (bahkan). yakni bahkan kalian hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kalian ketahui. Dengan kata lain, kalian hanya mengatakan kedustaan dan kebohongan yang kalian buat-buat terhadap Allah Swt.


Ayat yang ke 81 Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


بَلٰى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحٰطَتْ بِهِۦ خَطِيٓئَتُهُۥ فَأُولٰٓئِكَ أَصْحٰبُ النَّارِ  ۖ هُمْ فِيهَا خٰلِدُونَ

"Bukan demikian! Barang siapa berbuat keburukan dan dosanya telah menenggelamkannya, maka mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 81).


Sedangkan pada ayat yang ke 82 Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَالَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ أُولٰٓئِكَ أَصْحٰبُ الْجَنَّةِ  ۖ هُمْ فِيهَا خٰلِدُونَ

"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 82).


"Orang-orang Yahudi berdebat dengan Rasulullah Saw., lalu mereka berkata, "Kami tidak akan masuk neraka kecuali hanya selama empat puluh malam, setelah itu kami digantikan oleh suatu kaum yang lain," tambah Kepala Sekolah SMP  Muhammadiyah 16 Semampir itu.


"Maka kemudian, hanya orang-orang berimanlah yang akan mendapatkan keselamatan dari Allah dan akan masuk kedalam surga Allah yang kekal selamanya, tetap berada dalam kebaikan disaat orang-orang tidak berada dalam kebaikan dan beristiqomahlah," pungkasnya. (Habibie)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu