Sukses Ramadhon Hantarkan Raih 'Idul fitri | Berita Populer Lazismu

 

Sunarko S.Ag M.Si. (Dok Lazismu)


SUKSES RAMADHAN KITA HANTARKAN RAIH 'IDUL FITRI

Oleh : Sunarko, S.Ag, M.Si)*


Alhamdulillah, tiada kata terindah yang patut kita ucapkan selain kata syukur. Atas nikmat dan karuniaNya kita masih diberikan nikmat sehat, umur panjang sehingga masih bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 H. Semoga masih di pertemukan kembali dengan Ramadhan di tahun- tahun yang akan datang dan amal ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

Penulis mewakili Badan Pengurus LAZISMU Kota Surabaya mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari Muzzaki/donatur yang telah mempercayakan menunaikan Zakat, Infaq Shodaqah dan Dana Sosial lainnya (ZISKA) melalui Lembaga kami, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Surabaya. Dana ZISKA dari bapak/ibu selanjutnya kami tasharufkan dalam bentuk Kado Ramadhan khusus di bulan Ramadhan ini dan program-program di pilar pendidikan, pilar dakwah dan sosial, pilar pemberdayaan ekonomi, pilar lingkungan dan pilar kesehatan yang semuanya untuk pemberdayaan bagi dhuafa. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik. Kami juga mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H. TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM. Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT.

Sukses kita dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dimulai dari puasa yang diniatkan karena iman dan hanya mengharap ridho Allah SWT ditambah ibadah lain seperti tarawih, tadarus al Qur'an,  membayar zakat fitri dan sedekah lainnya semoga bisa menghantarkan menjadi pribadi-pribadi yang bertaqwa. Selanjutnya dengan predikat taqwa akan menghantarkan raih ledul Fitri.


MAKNA 'IEDUL FITRI

Para muzakki/donatur dan pembaca yang dikasihi Allah SWT. Setiap orang bisa berhari raya, tapi tidak semua orang bisa beridul Fitri.  'Idul Fitri sebagai hari raya besar bisa dirayakan oleh siapa saja. Yang berpuasa bisa berhari raya, yang tidak berpuasapun bisa berhari raya. 

'Iedul Fitri berasal dari kata 'Iedul Futur. 'Ied artinya kembali, Futur artinya makan pagi. 'Iedul Futur artinya kembali sarapan pagi. Bagi saudara-saudara mukmin yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan maka pada tanggal 1 Syawwal ia akan ber 'Iedul Futur (kembali makan pagi), tapi bagi saudara kita yang tidak menjalankan puasa ia tidak memiliki 'iedul futur karena setiap hari sudah sarapan pagi. 

Adapun makna 'ledul Fitri adalah: Ied artinya kembali, Fitri artinya suci. Iedul Fitri artinya kembali suci.  Orang yang melaksanakan ibadah puasa puasa Ramadhan karena iman, ikhlas dan hanya berharap Ridho Allah SWT selama satu bulan penuh maka semua dosa-dosanya akan diampuni Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu."(HR. Bukhari Muslim)


'IEDUL FITRI DIMASA PANDEMI COVID-19

Silaturrahim/anjang sana  dengan karib kerabat terdekat dan teman untuk meminta dan memberi maaf di Hari Raya Iedul Fitri merupakan ajaran mulia dan tradisi yang perlu di lestarikan, namun disaat masa pandemi Covid-19 belum berakhir kita umat islam harus menjadi contoh terdepan untuk bersabar menahan diri dulu untuk tidak mudik ke kampung halaman. Agar covid-19 yang sudah mulai landai ini benar-benar berakhir sehingga kondisi ekonomi segera normal kembali. Anak-anak bisa kembali mengaji dan sekolah lagi. Tidak lagi menggunakan sistem daring.

Cukuplah silaturrahim kita baik hari raya Iedul Fitri tahun lalu dan Hari Raya Iedul Fitri tahun ini kita lakukan melalui Whatsapp, facebook, instagram, telegram, line,  Zoom dan lain-lain. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

----------------------------------------------------------

* Penulis adalah Ketua LAZISMU Kota Surabaya, Kasi Bina Sosial Keagamaan Dinas Sosial Kota Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu