Kata Pengantar: Menyempurnakan Romadhon Dengan ZIS | Berita Populer Lazismu

 

Abdul Hakim, M.Pd.I. (Dok Lazismu)


MENYEMPURNAKAN ROMADHON DENGAN ZIS

Muzakky, donatur dan dermawan Lazismu yang dimuliakan Alloh swt.

Alhamdulillah, perjalanan religi Romadhon 1442 ini sudah mendekati puncaknya. Pada 12 Mei 2021 nanti puasa di bulan suci ini akan sempurna kita jalani. Tentu kita berharap Alloh swt menerima segenap amal yang telah kita tunaikan. Romadhon memang harus menjadi bulan pencerah dan pembebas. Menjadi bulan bertabur ilmu, peneguh iman, penebar amal, penyehat hati, penghapus dosa, pelipat pahala, serta pemersatu umat dalam jalinan silaturahim yang kokoh, atau dalam ikatan ukhuwah Islam. Romadhon adalah bulan pemersatu umat. Romadhon adalah masjid dan madrasah terbaik yang meginspirasi, memotivasi, dan membekali kita untuk lebih bergairah dalam  menunaikan amanat-amanat Islam yang penuh rahmat.

Semoga amal hablun minalloh dan hablun minannas selama Romadhon ini mengantarkan kita menjadi “manusia baru, kuat, dan hebat”, siap menghadapi pergulatan zaman yang kian kompleks. Semoga Romadhon mengembalikan energy spiritual, emosional, intelektual dan social kita penuh rahmat dan berkah demi mengemban  amanat-Nya di tengah pergulatan hidup yang penuh tantangan, ujian, godaan, musibah, dan hambatan. Semoga Romadhon  menjadikan kita istiqomah di jalan yang benar dan memberi manfaat bagi semesta kehidupan.

Selama Romadhon, kita dilatih, dibimbing, dididik, dan dibina untuk ikhlas dan istiqomah menjalani amal-amal utama. Maka, selain puasa, kita tunaikan sholat fardu lima waktu, sholat sunnah, khususnya sholat taraweh atau qiyamullail. Kita sadar, Romadhon adalah bulan Alquran. Maka, kita pun banyak melakukan tilawah, tadarus, tahfidh, dan tadabbur. Kita ingin Alquran memberi pencerahan, pesan-pesannya kita hayati, nasihat-nasihatnya memandu kehidupan. Kita yakin, dengan Alquran dan Sunnah Kenabian, Alloh akan menyelamatkan dan memuliakan hidup kita di dunia dan di akhirat kelak. 

Selain, puasa, sholat, dzikir dan doa, serta mengapresiasi Alquran, amal utama yang harus kita tunaikan adalah menunaikan zakat, infaq dan shodaqoh. Kewajiban menunaikan zakat bagi mukmin yang mampu itu adalah bagian tak terpisahkan dari amal utama Romadhon. Maka di puncak bulan mulia ini, kita tunaikan kewajiban social itu sepenuhnya.

Potensi ZIS umat Islam Indonesia sungguh besar. Setahun lebih dari seratus trilyun rupiah. Akumulasi penghimpunan ZIS umat Islam oleh Laznas ternyata baru sepuluh trilyun per tahun,  atau sepuluh persen. Jumlah yang masih relatif kecil jika dibanding jumlah para mustahiq yang  meliputi faqir, miskin, amil, muallaf, riqob, ghorim, ibnu sabil, dan sabilillah. Apalagi di tengah ujian pandemi Covid 19  dan krisis multidimensi ini, jumlah kaum dhuafa  mencapai 25 persen dari populasi penduduk. Maka, menyempurnakan Romadhon dengan mengeluarkan zakat, infak, dan shodaqoh tentu menjadi empati kemanusiaan yang mulia.(Pimred)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu