Dunia Pendidikan: PELOPOR PRODUK UNGGULAN | Berita Populer Lazismu

 

Ir Sudarusman. (Dok Lazismu)


PELOPOR PRODUK UNGGULAN


Salah satu kunci sukses sekolah keberbakatan Muhammadiyah boarding area sport and science SMA Muhammadiyah 10 Surabaya yang sering disebut MBA Spartans SMAM-X adalah selalu berinovasi untuk menghasilkan produk yang unik, menarik dan original. Sebagai sekolah yang dihuni oleh anak-anak berbakat yang penuh daya pikat, SMAM-X bisa menjual terlebih dahulu produknya walaupun masih dalam tatanan Ida maupun konsep. Setiap konsep produk sekolah keberbakatan yang ditawarkan kepada masyarakat baik aktivitas pendidikan maupun manajemen pendidikan selalu mendapatkan respon Positif. Itu semua karena masyarakat pada umumnya tidak bisa membandingkan dengan produk unggulan sekolah-sekolah lain karena apa yang ditawarkan SMAM-X selalu baru dan terasa unik menarik serta kekinian.


Dengan kata lain, sekolah keberbakatan MBA Spartans SMAM-X menjadi pelopor produk unggulan yang mana SMAM-X menjadi pusat inovasi yang menghasilkan banyak karya yang monumental. Posisi tersebut secara tidak langsung menyebabkan Brand dan image sebagai sekolah keberbakatan yang produktif menjadi acuan atau mampu menginspirasi sekolah-sekolah lain. Produktivitas yang tinggi ternyata juga mampu memperbaiki positioning sekolah sehingga semakin dikenal dan diminati masyarakat.


Sebagai pelopor produk unggulan, MBA Spartans SMAM-X juga bisa memperbaiki harga jual. Artinya besaran kompensasi yang harus diterima dari Bapak/Ibu Orang Tua atau wali murid bisa dinaikkan terkait dengan kualitas produk yang akan ditawarkan. Biasanya sekolah akan menaikkan pembiayaan sekolah Apabila sebuah produk benar-benar banyak diminati oleh peserta didik dan wali murid merasakan manfaatnya. Misal konsep sekolah berbasis area, pembelajaran radio kooperatif berbasis online, evaluasi autentik,rapor festival dan masih banyak lagi produk unggulan yang hanya ada di sekolah keberbakatan SMAM-X.


Untuk produk-produk yang tidak tergolong baru, secara terus menerus dilakukan analisis yang dilakukan modifikasi agar tetap relevan dengan kondisi saat ini. Artinya, jangan sampai ada produk sekolah yang tertinggal dengan dinamika masyarakatnya alias ketinggalan zaman. Sementara untuk produk-produk baru Sudah Selayaknya dipromosikan dengan perencanaan yang matang, sehingga mampu mempertahankan sebutan SMAM-X sebagai sekolah Pelopor.


Namun, sekolah keberbakatan MBASpartans SMAM-X dalam menghasilkan dan memasarkan produk unggulan yang baru benar-benar memperhitungkan sesuatu dengan matang. Sekolah tidak akan melaunching bahkan memasarkan apabila nilai produk unggulan kurang memenuhi syarat sebagai produk unggulan. Sekolah akan memulai dengan melakukan analisis sehingga reaksi masyarakat saat pra launching. Jika Respon yang diterima positif baik dari internal sekolah maupun eksternal, melalui perencanaan yang kalkulatif produk baru dipasarkan.


Dulu sekolah keberbakata SMAM-X pernah dianggap sekolah "tidak jelas" karena tidak memiliki aturan dan cenderung stagnan. Namun, kemudian SMAM-X memacu guru dan karyawannya untuk tidak pernah berhenti berkarya, terus melakukan inovasi-inovasi baru serta memberdayakan kreativitas terhadap siswanya melalui beragam potensi, dan paling penting selalu menghasilkan produk-produk yang tidak dimiliki sekolah lain sehingga pesan sekolah tidak jelas berubah menjadi sekolah pelopor produk unggulan. Jadi, Apabila sebuah sekolah ingin menjadi sekolah yang dikenal dan diminati masyarakat maka sekolah tersebut dituntut untuk menciptakan sebuah produk yang berbeda dengan sekolah lain dan sebuah produk yang tidak ada duanya.


Tidak hanya menjadi pelopor produk unggulan, sekolah keberbakata SMAM-X memiliki kekuatan yaitu SDM yang inovatif. Inilah salah satu keunggulan dan peluang besar dalam menumbuhkembangkan sebuah sekolah yang benar-benar mapan. Tidak sedikit orang mengatakan, SMAM-X sekolah baru tetapi terasa lama,  walaupun usianya baru 6 tahun, namun keberadaannya terasa hampir dimana-mana. Ini semua karena SMAM-X mampu melakukan inovasi di semua lini, dari aktivitas pendidikan, Menejemen pendidikan hingga infrastruktur pendukung pembelajaran.


Strata ekonomi yang menjadi bagian dari keluarga  sekolah keberbakatan MBA Spartans SMAM-X sangat beragam. Dari bawah, menengah dan atas. Dari realita ini sekolah harus benar-benar memahami karakteristik keluarga besarnya. Sekolah dituntut benar-benar matang dalam melakukan banyak hal, terutama yang berhubungan dengan pembiayaan, sehingga bisa diterima oleh seluruh warga sekolah. Itulah mengapa SMAM-X tetap diminati masyarakat, karena strategi sekolah benar-benar dilakukan penuh kehati-hatian. (Ir Sudarusman)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu