Amalan-Amalan Utama Bulan Ramadhan | Berita Populer Lazismu

 

Ustadz M Khoirul Anam. (Dok Lazismu)


Amalan-Amalan Utama Bulan Ramadhan


“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa“. ( Q.S. Al-Baqarah : 183 )

“Barang siapa yang puasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosanya“. ( Al-Hadist )


Alhamdulillah segala puji hanya bagi Allah ‘Azza wa Jalla yang telah menjadikan kita sebagai orang mukmin yang kaffah 

Salawat dan salam semoga tetap tercurah kepada nabi Muhammad saw sebagai suri tauladan bagi seluruh kehidupan manusia

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt yang telah mempertemukan kita kembali dengan  bulan agung dengan segudang keutamaan didalamnya. Tentu sebagai orang mukmin dan  mempercayai hari akhir, kita sangat bahagia dengan kedatangannya.

Puasa merupakan ibadah yang tujuannya memang hanya untuk Allah swt semata. Kenapa ?. dalam sebuah hadist qudsi Rasulullah saw bersabda yang artinya “ Semua amalan anak Adam akan kembali kepada dirinya sendiri, kecuali puasa. Puasa itu hanya untuk-Ku, dan Aku sendiri yang akan memberikan pahala untuknya “. 

Ada beberapa amalan utama yang dilakukan pada saat bulan ramadhan, diantaranya :  

1. SEDEKAH

Sedekah merupakan amalan yang sangat utama. Nabi Muhammad saw merupakan orang yang sangat dermawan, dan ketika memasuki bulan ramadhan kedermawanan beliau saw semakin meningkat. Karena begitu baiknya amalan sedekah Rasulullah saw saat bulan ramadhan, sampai-sampai digambarkan bahwa beliau saw lebih sejuk daripada angin sepoi-sepoi waktu pagi hari


2. MENJAGA DIRI

Mengendalikan hawa nafsu memang sangat sulit. Mengapa ada orang yang hawa nafsunya tinggi?. jawabannya karena orang tersebut jarang atau tidak pernah berpuasa. Hal ini bisa kita rasakan, antara waktu berpuasa dengan tidak berpuasa. Kenyataannya kita lebih mudah mengendalikan diri saat berpuasa.


3. SAHUR/MENGAKHIRKAN SAHUR

Ibadah puasa bukan ajang unjuk kekuatan. “ Saya loh kuat tidak sahur “, mungkin kita pernah mendengar ucapan semacam itu. Terlepas dari itu semua, bahwasannya sahur merupakan sunnah nabi Muhammad saw dan beliau saw mencontohkan dengan mengakhirkannya


4. MENYEGERAKAN BERBUKA

Islam agama yang memperhatikan semua sendi kehidupan bagi pemeluknya. Setelah seharian diri kita berpuasa, maka Rasulullah saw mensyariatkan kepada kita untuk menyegerakan berbuka. Bukan dengan balas dendam dan langsung makan sepuasnya karena seharian puasa, tapi beliau saw mencontohkan dengan berbuka yang manis dulu semisal kurma dan air.

     

5. SABAR

Yang menjadi perhatian saat berpuasa adalah bagaimana kita bisa bersabar terhadap semua yang berpotensi merusak dan menghancurkan nilai pahala puasa. Barang siapa yang bersabar, maka dia lah yang meraih banyak pahala dari puasanya.


6. MEMBERI MAKAN/MINUM ORANG YANG BERPUASA

Amalan yang sangat utama kala bulan ramadhan adalah memberi makan/minum untuk berbuka orang yang berpuasa. Karena barang siapa yang memberi makan/minum untuk berbuka bagi orang yang berpuasa, maka dia mendapat pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun. 

 

7. MELAKSANAKAN SALAT TARAWIH

Selepas isya kala bulan ramadhan sangat identic dengan pengerjaan salat tarawih secara berjamaah di masjid dan mushalla. Rasa kebersamaan dan ukhuwah islamiyah yang luar biasa terlihat jelas didalamnya. Barang siapa yang salat (tarawih) pada bulan ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah swt, maka akan diampuni dosa-dosanya.


8. I’TIKAF

Berdiam diri di masjid dengan niat ibadah. Bisa dengan dzikir, membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. I’tikaf ini sering beliau saw lakukan terutama pada 10 hari terakhir bulan ramadhan.

Ya Allah…terimalah semua amalan kami sebagai bentuk penghambaan kami, ampuni dosa kami sebagai bentuk takut kami, dan jadikan kami insan-insan yang beruntung dalam kehidupan dunia dan akhirat. (M Khoirul Anam)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu