Memaknai Setiap Pergantian Tahun Baru Dengan Semangat Beramal Yang Lebih Baik | Berita Populer Lazismu

 

Sunarko, S.Ag M.Si (Dok. Lazismu)


MEMAKNAI SETIAP PERGANTIAN TAHUN BARU DENGAN SEMANGAT BERAMAL YANG LEBIH BAIK

Oleh : Sunarko,  S.Ag, M.Si


WAKTU selalu berjalan tak terasa detik berganti menit, menit berganti jam,  jam berganti minggu,  minggu berganti bulan,  dan begitulah seterusnya. Bulan demi bulanpun akhirnya berganti Tahun. Rasanya baru kemarin, saat ini kita sudah berada di awal tahun 2021. Kita tinggalkan Tahun 2020, kita tatap tahun 2021 dengan terus bermuhasabah disetiap waktu,  merenung dan mengevaluasi tentang sejauh mana amal kebaikan yang pernah kita perbuat apakah lebih banyak dari perbuatan maksiat,  perbuatan sia-sia yang kita lakukan di tahun 2020. Apakah perintah-perintah Allah sudah kita tunaikan dengan baik atau justru sebaliknya. Mari juga kita evaluasi tentang Zakat, Infaq dan Shadaqah kita apa sudah kita tunaikan dengan baik sesuai tuntunan dalam rangka membersihkan dan mensucikan harta kita.  Sesuai dengan firman Allah Surat At Taubah ayat 103 :


خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ - ١٠٣


"Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.' (QS. At-Taubah ayat 103)


Hakekat di setiap pergantian tahun baru baik Tahun Baru Masehi maupun Tahun Baru Hijriyah adalah semakin jauh kita dari kelahiran dan semakin dekat dengan kematian. Berkurangnya kontrak hidup kita di dunia.


Oleh karenanya bagi hamba yang beriman akan lebih intens dalam peningkatan amal kebajikan, memperbanyak menabung amal saleh bukan sebaliknya berhura-hura,  menghambur-hamburkan uang demi merayakan pergantian malam tahun baru yang itu semua adalah perbuatan syaithan,  perbuatan mubadzir terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Semua bentuk kegiatan tersebut wajib kita tinggalkan dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,  dengan mematuhi protokol kesehatan seraya tiada henti-hentinya berdo'a agar Pandeni Covid-19 ini segera berakhir. 


Muhasabah disetiap waktu atau pada pergantian tahun baru menjadikan diri setiap mukmin selalu ingat bahwa hidup didunia ini hanya sebentar - dunia hanyalah kampung tempat singgah buat sementara sedangkan akhirat adalah kampung yang abadi, kampung yang akan kita tempati untuk selama-lamanya.  


QS. An Nisa ayat 77


 .. قُلۡ مَتَاعُ الدُّنۡيَا قَلِيۡلٌ‌ ۚ وَالۡاٰخِرَةُ خَيۡرٌ لِّمَنِ اتَّقٰى وَلَا تُظۡلَمُوۡنَ فَتِيۡلًا


 " .......Katakanlah, "Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa (mendapat pahala turut berperang) dan kamu tidak akan dizhalimi sedikit pun."


Dengan demikian seorang mukmin akan disibukkan untuk menpersiakan diri guna menyongsong hari esuk (akhirat)  yang lebih baik dengan memperbanyak menabung amal saleh.  


Firman Allah SWT dalam

QS. Al-Hasyr Ayat 18


يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلۡتَـنۡظُرۡ نَـفۡسٌ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ‌ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ


"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

(QS.  Al-Hasyr ayat 18)


TAHUN BARU SEMANGAT BARU


Para Muzakki/donatur dan para pembaca yang dirahmati Allah SWT,  atas nama Badan Pengurus Lembaga Amil Zakat,  Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Surabaya di awal Tahun 2021 ini kami mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaam para muzakki/donatur dan seluruh dermawan muslim yang telah menunaikan Zakat,  Infaq, Shodaqah dan Keagamaan Sosial laimya (ZISKA)  melalui Lazismu Kota Surabaya.  Semoga keikhlasan dalam menjalankan perintahNya di balas Allah dengan balasan yang terbaik berupa kesehat,  umur panjang,  suami/istri yang taat agama, anak-anak yang soleh solehah,  rezeki yang melimpah dan senantiasa berkah di dunia sampai akherat. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin. 


Selanjutnya penulis mewakili Badan Pengurus LAZISMU Kota Surabaya berharap kepada para Muzakki/Donatur untuk istiqomah menunaikan Zakat,  Infaq dan Shodaqahnya melalui LAZISMU sekaligus mengajak hijrah serta meningkatkan nilai ZISnya. Dari yang semula akadnya Infaq dan Shodaqah menjadi hijrah ke Zakat serta ada perubahan nilai ZIS dari tahun 2020 ke Tahun 2021 ini. 


Alhamdulillah kembali penulis sampaikan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada para muzakki/donatur sekalian,  bahwa di Tahun 2020 ini kami bisa menggalang dana ZISKA dari para Muzakki/donatur kurang lebih 2,5 M.  Dari dana 2,5 M tersebut insya Allah sudah kami tasyarufkan kepada 8 asnaf yang membutuhkan.  Target kami di 2021 adalah 5 M.  Semoga target tersebut bisa terealisasi seiring dengan meningkatnya nilai donasi para muzakki/donatur serta ihtiar yang maksimal para amil untuk terus menggalang dana dengan terus mencari muzakki/donatur baru.  Referensi dari para muzakki/donatur untuk mencari muzakki baru juga kami harapkan guna merealisasikan target 5 M ditahun 2021. Insya Allah dengan dana besar tentunya manfaat yang besar pula bisa dirasakan oleh para du'afa  Program kami untuk pemberdayaan dhuafa yang tertuang melalui 5 Pilar utama program Lazismu antara lain pilar pendidikan,  pilar dakwah,  pilar sosial kemanusiaan,  pilar ekonomi dan pilar kesehatan.  Kelima pilar program Lazismu Kota Surabaya ini akan terus bisa jalan tentunya berkat dukungan dari para Muzaki /donatur Lazismu. 


Istiqomah dari Bapak ibu para Muzakki/donatur untuk melaksanakan menunaikan ZIS akan di balas oleh Allah SWT sebagaimana Firman Allah antara lain QS. Al-Baqarah ayat 261


مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ


"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui." (QS Al-Baqarah ayat 261)


QS.  Al Baqarah 274


اَلَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ بِالَّيۡلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمۡ اَجۡرُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ۚ وَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ

Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati." (QS 2 : 274)


QS.  Alfatir ayat 29


اِنَّ الَّذِيۡنَ يَتۡلُوۡنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنۡفَقُوۡا مِمَّا رَزَقۡنٰهُمۡ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرۡجُوۡنَ تِجَارَةً لَّنۡ تَبُوۡرَۙ


"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi." (QS. 35 : 29)


Rasulullah Saw bersabda,

“Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan …

Kecuali ia bertambah… bertambah… bertambah…” (HR. at-Tirmidzi)


Selamat memasuki tahun baru 2021 dengan semangat beramal yang lebih baik dari tahun 2020. Semoga musibah pandemi covid-19 segera berlalu dan ekonomi kembali pulih,  anak-anak kembali bisa bersekolah.  Ya Allah,  memasuki tahin 2021 ini bimbinglah kami semua kepada jalan Taqwa sehingga bisa melakukan amal yang lebih meningkat dan bangsa ini di jauhkan dari segala bala dan bencana. Atas KuasaMu jadikan negeri ini negeri yang adil makmur sejahtera,  negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur.  Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin. 

------------------------------------------------------

*)Penulis adalah Ketua Lazismu Kota Surabaya dan Kasi Bina Sosial Keagamaan Dinas Sosial Kota Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Agama: Tahlilan Atau Yasinan (Selamatan) Untuk Orang Meninggal Dunia | Berita Populer Lazismu

Mata Hati: Meraih Kasih Sayang Allah Dengan Ihsan | Berita Populer Lazismu

Tanya Jawab Agama: Derajat Hadits Shalat Adalah Mi’rajnya Orang Beriman | Berita Populer Lazismu