Meraih Prestasi Umur #11: Dengan Istiqomah Berjuang Di Jalan Kebaikan Membantu Kepada Sesama | Berita Populer Lazismu

 

Sunarko, S.Ag M.Si


MERAIH PRESTASI UMUR (11): Dengan Istiqomah Berjuang di Jalan Kebaikan Membantu Kepada Sesama

Oleh : Sunarko, S.Ag. M.Si


Para Muzakki,  donatur dan pembaca yang dikasihi Allah.  Semoga kita selalu diberikan nikmat sehat,  nikmat iman dan taqwa sehingga istiqomah berjuang di jalan kebaikan membantu saudara kita para dhuafa yang sangat membutuhkan. Insya Allah perjuagan kita ini akan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT di dunia dan akhirat. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin. 


Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan 10 November mari kita terus berkontribusi nyata untuk pembangunan. Salah satu penghargaan yang bisa kita berikan pada para pahlawan yang telah gigih berjuang demi mempertahankan kemerdekaan pada pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya adalah dengan melanjutkan mengisi kemerdekaan tersebut dengan cara berkontribusi nyata membangun bangsa ini sesuai dengan bidang dan keahlian kita masing-masing. 


Para Muzzaki,  donatur dan pembaca yang budiman. Kita patut bersyukur di takdirkan Allah terlahir di negeri yang tercinta ini, negeri yang bernama INDONESIA. Negeri kaya raya dengan Sumber Daya Alam yang melimpah. Kemerdekaan selama 75 tahun 3 bulan saat ini juga merupakan nikmat Allah yang patut kita syukuri, karena negeri ini merdeka dan bebas dari segala penjajahan dan penindasan. Namun pada sisi lain kita cukup prihatin.  Dinegeri yang sudah 75 tahun merdeka dan membangun,  dinegeri yang Allah berikan kekayaan alam yang melimpah ruah yang tidak diberikan pada bangsa lain,  kondisi negeri kita saat ini masih mengalami 3 (tiga) problem besar antara lain pengangguran. kemiskinan dan hutang. Masih banyak Masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Banyak para sarjana yang telah lulus kuliah maupun tamatan SMA menganggur,  sementara hutang luar negeri kita kalau tidak segera kita bayar dan lunasi akan menjadi beban bagi anak cucu kita nantinya. Pemerintah juga harus membuat lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk mengatasi angka pengangguran di negeri ini. 


Perjuangan bersama saat ini yang perlu kita lakukan dalam rangka memperingati hari pahlawan adalah mengelola aset kekayaan alam negeri ini dengan dimanfaatkan sebaik-baiknya seluruhnya untuk kemakmuran rakyat sesuai amanah UUD 1945. Mengajak kepada semua elemen bangsa untuk ikut berjuang dengan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan, kerja keras,  semangat gotong royong perlu ditumbuhkan pun juga peningkatan Sumber Daya Insani serta mencegah Korupsi yang masih menjadi sumber masalah di negeri ini harus dihentikan. Pembangunan insya Allah bisa berhasil manakala tidak meninggalkan nilai-nilai Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam seluruh sendi kehidupan selain wajib meningkatkan IPTEK untuk mencetak SDM-SDM tangguh.  Pemimpin yang selalu berpihak kepada rakyat dan tidak aji mumpung, insya Allah kebijakannya akan selalu memihak kepada rakyat dan bukan sesuatu yang Mustahil keberpihakannya kepada wong cilik  bisa membawa mewujudkan Indonesia yang sejahtera,  adil dan makmur. Indonesia yang baldatun,  thoyyibatun wa Rabbun Ghofur. 


Semua itu masih jauh dari kenyataan. Terlebih dengan musibah pandemi Corona Virus Disease 19 telah menjadikan masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar.  Terlebih bagi warga kurang mampu (dhuafa), kelaparan akan menjadi ancaman serius bila Pemerintah dan orang-orang yang berharta tidak mau hadir meringankan beban mereka. Pemerintah bersama swasta dan seluruh elemen masyarakat harus bersatu mengatasi permasalahan ini. 


Maka peringatan hari pahlawan tahun ini lebih utama kita mengajak masyarakat untuk bergotong royong bahu membahu dalam Gerakan Ta'awun (tolong menolong) guna merefleksikan mengamalkan Surat Al Ma'un :


اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ


Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? (1)


فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَ


Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, (2)


وَلَا يَحُضُّ عَلٰي طَعَامِ الْمِسْكِيْنِ


dan tidak mendorong memberi makan orang miskin. (3)

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَ


Maka celakalah orang yang shalat, (4)


الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ


(yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya,(5)

الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَ


 yang berbuat ria, (6)


وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ


dan enggan (memberikan) bantuan.(7).


Insya Allah melalui peringatan hari pahlawan melalui gerakan Ta'awun secara Nasional baik melalui dana Anggaran Pemerintah maupun swasta dan gerakan bersama membatu sesama untuk mengamalkan Surat Al Maun diatas akan sangat membantu saudara kita para dhuafa yang saat ini  terdampak Covid-19.


Alhamdulillah LAZISMU Kota Surabaya bersama Lazismu se Indonesia sejak awal pandemi covid 19 telah melakukan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak covid 19 dengan memberikan sembako kepada para dhuafa,  membagi masker,  baju hazmat, vitamin C, penyemprotan disinfektan ke rumah ibadah dan seluruh AUM, pemberian Face Shild dan lain-lain yang semuanya adalah dana yang berasal dari seluruh muzakki/donatur. Semoga Allah SWT senantiasa membalas dengan balasan yang terbaik. 


Perjuangan belum selesai,  dan kami terus mengajak kepada seluruh donatur untuk  istiqomah berjuang di jalan kebaikan dengan selalu membatu dhuafa agar bisa mandiri dan berdaya. Melalui dana ZISKA dari para muzakki/donatur akan kami tasyarufkan melalui berbagai program yang insya Allah bermanfaat bagi dhuafa.


Insya Allah, berbagi itu indah,  berbagi itu mulia,  berbagi itu tidak pernah marugi,  berbagi itu bukti cinta dan taqwa seorang hamba kepada sang pencipta-Nya.


Allah SWT berfirman


وَتَعَاوَنُوْا عَلَی الْبِرِّ وَالتَّقْوی


“Tolong menolong lah kalian atas kebaikan dan taqwa” (Al-Maidah: 2)


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : « مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ » رواه مسلم


Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).


Sedekah untuk membantu sesama tidaklah mengurangi harta. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ


“Sedekah tidaklah mengurangi harta.”

(HR. Muslim)


Semoga kita bisa istiqomah berjuang di jalan kebaikan dengan konsisten membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kita dengan berbagai keberkahan didunia dan akhirat.  Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin. 

--------------------------------------------------------

*)Penulis adalah Ketua LAZISMU Kota Surabaya dan Kasi Bina Sosial dan Keagamaan Dinas Sosial Kota Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu