MERAIH PRESTASI UMUR (7): Dengan Terus Menebar Manfaat, Bantu Saudara Yang Terdampak Covid-19 | Berita Populer Lazismu


Ustadz Sunarko(Lazismu)

MERAIH PRESTASI UMUR (7)
Dengan Terus Menebar Manfaat, Bantu Saudara Yang Terdampak Covid-19.
Oleh : Sunarko, S.Ag., MSi*)

Para Muzakki, donatur dan dermawan yang dikasihi Allah. Tiada kata yang terindah yang patut kita ucapkan kecuali kata syukur alhamdulillah karena kita masih selalu di berikan nikmat sehat dan masih tetap dalam lindungan Allah SWT.

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang belum tahu kapan akan berakhir yang perlu kita lakukan adalah dengan terus semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT,  perbanyak istighfar memohon ampun kepada Allah,  mematuhi semua protokoler kesehatan serta tiada henti dan lelah untuk banyak berdo'a semoga wabah Corona segera berakhir,  sehingga  aktivitas masyarakat kembali normal dan kondisi perekonomian berangsur pulih kembali.

Para Muzakki,  donatur dan pembaca yang budiman. LAZISMU bersama Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC SURABAYA) terus mengajak kepada para muzakki dan seluruh dermawan untuk terus berbuat kebaikan dengan memperbanyak menebar manfaat dengan sedekah membantu saudara kita yang saat ini sedang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar,  membantu biaya berobat, membantu masker,  handsanitizer, Vitamin C,  membantu para tim medis dengan bantuan APD serta membantu apapun yang bisa kita lakukan terhadap saudara kita yang saat ini terdampak Covid-19.
Insya Allah dalam kondisi apapun baik lapang maupun sempit orang-orang yang bertaqwa itu berada di garis depan untuk berinfaq guna membantu sesamanya yang lagi kesulitan.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ali Imron ayat 134,

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

"(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imron,  ayat 134)

BALASAN ALLAH KEPADA ORANG YANG SUKA BERSEDEKAH

Para muzakki,  donatur dan dermawan yang dikasihi Allah.  Berbagi itu indah,  berbagi itu mulia,  berbagi itu peduli,  berbagi itu bukti cinta kasih,  berbagi itu wujud syukur,  berbagi itu bukti cinta dan taqwa.

Orang yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah ia amat cinta kepada Allah.  Ia yakin bahwa dengan selalu memberi pada sesama tidak menjadikan hartanya berkurang.  Justru karena rasa syukur dan taqwanya ia yakin bahwa Allah akan mengganti setiap harta yang di infaq kan dengan ganti yang lebih baik,  dengan ganti yang berlipat.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 261,

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah,  ayat 261).

Masih banyak ayat-ayat  Al-Qur'an tentang keutamaan dan balasan kepada orang-orang yang gemar bersedekah antara lain Q.S Al-Munafiqun ayat 10,

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" (QS. Al-Munafiqun ayat 10).

QS. Saba' ayat 39,

 قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

"Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya."
(QS. Saba' ayat 39).

Juga dalam Qur'an Surat Al-Hadid 18,

 إِنَّ ٱلْمُصَّدِّقِينَ وَٱلْمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقْرَضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak."
(QS. Al-Hadid ayat 18)

Rasulullah SAW bersabda :
"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya."
(HR. Bukhori).

Para Muzakki, Donatur dan pembaca yang budiman. Orang yang gemar berbagi,  memberi sesama walaupun hanya dengan sedekah sebutir kurma,  bahkan sedekahnya itu bisa menghindarkan terjerumus dari api neraka.

Nabi SAW bersabda :

"Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma."
(Mutafaqun 'alaih).

Sedekah juga bisa menjadi amal yang tidak akan putus sampai mati,

Rasulullah SAW bersabda :

"Apabila anak cucu Adam  itu mati,  maka terputuslah semua amalnya,  kecuali tiga perkara yaitu : Shodaqah jariyah,  anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya".

Sedekah juga bisa menghapuskan dosa,  sebagaimana Nabi SAW bersabda :
"Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api".
(HR. At-Tirmidzi).

Semoga kita bisa konsisten dalam berjuang di jalan kebaikan.  Teruslah menebur manfaat berbagi dan peduli kepada sesama. Insya Allah pahala mengalir tanpa batas dan selalu diberikan kehidupan bahagia di dunia dan akherat. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

Dukung terus program-program Lazismu Kota Surabaya dengan cara menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui:

Rekening Zakat/Jumat berkah:

CIMB Niaga Syariah:
86000-2657-200 Lazis Muhammadiyah Surabaya

BMI: 77100-15-683 Lazismu Kota Surabaya

Rekening Infaq:

BSM: 701-8580-807 Lazismu kota Surabaya

BMI: 77100-18-952
Lazismu Surabaya

Rekening Qurban:
900-8888-008 Lazismu Surabaya

Rek Kemanusiaan/ Dana Sosial dan keagamaan lainnya:

BNI syariah 8800-188-880 Lazis Muhammadiyah Yayasan

------------------------------------------------------
*) Penulis adalah Ketua LAZISMU Kota Surabaya,   Kasi Bina Sosial Keagamaan Dinas Sosial Kota Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu