Artikel: Sinergi Aksi Peduli COVID-19 | Berita Populer Lazismu



Bendahara Lazismu menyerahkan bantuan di Kantor PDM Jl Wuni 9 Surabaya (Lazismu)

SINERGI AKSI PEDULI COVID-19 (*)

Ditengah pandemi Covid-19 dengan persebaran yang terus meningkat, mempengaruhi pola interaksi, komunikasi pada  kehidupan masyarakat global, regional, nasional dan lokal, untuk berjibaku melawan dan mencegah Covid-19 serta upaya memberikan bantuan pengobatan, memberikan bantuan makanan pada warga yang terdampak Covid-19. Persoalan ini sangat serius untuk segera dicarikan solusinya, bukannya terjebak pada model – model politisasi sehingga mengaburkan substansi penyelesaian masalah,  yang cenderung menyebarkan permusuhan penuh fitnah yang kejam.

Jangan sampai kita menjadi bagian yang gagal paham dalam mensikapi permasalahan  ini, yang dipikir hanyalah mendapat keuntungan ekonomi disaat pandemi,  serta membangun pencitraan dan  popularitas untuk kepentingannya saja, tanpa mau peduli. Sehingga kita disadarkan oleh firman Allah SWT dalam surat Az Zumar 9 : “ Katakanlah: “ Adakah sama orang – orang yang mengetahui dengan orang – orang yang tidak mengetahui ?. Sesungguhnya orang berakallah yang dapat menerima pelajaran”. Dari persoalan pandemi ini semakin nampak nyata siapa yang mengetahui persoalan sehingga dia melakukan kepedulian, disisi lain ada yang sepertinya mengetahui tetapi yang dilakukan justru merusak, memanfaatkan situasi, melakukan arogansi, tidak simpati dan peduli.

Pimpinan Muhammadiyah yang didukung Lazismu, Lembaga Penanggulangan Bencana, beserta Amal Usaha Muhammadiyah, serta Team Medis dan Paramedis diberbagai Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah benar-benar hadir memberikan bantuan tanpa lagi berkutat pada wacana yang sekedar slogan vulgar. Hadirnya Muhammadiyah, Aisyiyah dan Angkatan Muda Muhammadiyah yang terjun langsung meski penuh resiko, merupakan refleksi dari iman dan amal sholeh.  Allah SWT berfirman dalam surat Al Maidah 9 : Allah telah menjanjikan kepada orang – orang yang beriman dan beramal sholeh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya, menindaklanjuti surat dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, pada tanggal 11 Sya’ban 1441 H / 03 April 2020 M, telah membentuk susunan personalia Muhammadiyah Covid-19 Comand Centre ( MCCC) Kota Surabaya, dalam rangka mengkoordinasikan berbagai program penanggulangan pamdemik Virus corona (Covid-19) yang melibatkan potensi dan jejaring Muhammadiyah, hingga ke Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Keberadaan MCCC Kota Surabaya hingga terbentuknya MCCC ditingkat Cabang (kecamatan), merupakan upaya sinergi dari berbagai potensi baik dalam bentuk pendanaan, sumber daya manusia dan potensi lainnya, guna melakukan aksi nyata atas problem – problem persebaran Covid-19 dan dampak yang diakibatnya dengan peduli.

Sinergi aksi peduli MCCC kota Surabaya khususnya dengan Lazismu Kota Surabaya dalam hal penggalangan dana baik dari donatur  perorangan ataupun kelembagaan, dalam waktu singkat mampu mengadakan bakti sosial di MCCC Cabang di 32 Lumbung Pangan Muhammadiyah se-Kota Surabaya.

Stimulus bantuan dari posko daerah begitu berkah, karena mampu meningkatkan jumlah penerima paketan pada masyarakat penerima., kegiatan ini pun diulang secara serentak di 32 MCCC Cabang pada hari Rabu 22-4-2020 bersama Aisyiyah se-Kota Surabaya didukung Angkatan Muda Muhammadiyah, memberikan bantuan sembako secara langsung pada masyarakat, termasuk pada Ojek Online ataupun Driver online yang terdampak Covid-19,  penerima merasa senang atas bantuan ini dan diantara mereka langsung pulang ke rumah untuk dimasak guna dimakan bersama keluarga, karena dalam beberapa hari ini layanan online mereka sepi.

Aksi kepedulian ini terus bergerak, masuk ke rumah – rumah warga, tempat ibadah, sekolah, pasar dan perkantoran untuk dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, mengingat kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) masih terbatas maka Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Atfal (IGABA) Kota Surabaya menggalang bantuan dana dari para guru TK ABA dan wali muridnya untuk dibelanjakan APD yang diberikan pada Lazismu Surabaya dan diteruskan ke MCCC Kota Surabaya ke MCCC Cabang, karena APD ini  memang sangat penting digunakan oleh para tenaga  medis dan  paramedis, termasuk tenaga penyemprotan di RT/RW serta Modin dan petugas perawat jenazah, agar mereka terlindungi dari persebaran Covid-19, juga diberikan alat – alat kebersihan untuk penyemprotan diwilayah-wilayah Surabaya yang zoona merahnya merata disetiap kecamatan.
 
Angkatan Muda Muhammadiyah pun turut bergerak disamping mendistribusikan minuman kesehatan berupa empon-empon, juga memberikan bantuan masker ke warga masyarakat termasuk di pasar – pasar tradisional sebagai pusat keramaian, yang diawali dengan pengukuran suhu badan dengan thermo gun, juga melakukan edukasi PSBB guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Aksi peduli ini akan terus dilakukan, lebih – lebih disaat puasa Ramadhan, untuk lebih peduli memberikan bantuan pada warga terdampak Covid-19. Meski roda ekonomi terasa berat tetapi tidak mengurangi semangat kita untuk peduli dan berbagi, dengan mengeluarkan infaq, shodaqoh dan zakat secara maksimal, karena akan terjadi kecenderungan bertambahnya angka kemiskinan maka sinergi ini sangat diperlukan.

Puasa kita saat ini sedang diuji wabah Corona, dengan berbagai dampak yang ada, tetapi tidak mengurangi perjuangan kita dalam berjihad dan beribadah serta mengeluarkan sebagian harta kita untuk saudara – saudara kita yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan kita. #Kuatkan Sinergi, untuk Aksi Peduli. (Drs, Andi Hariyadi. Sekretaris MCCC Kota Surabaya)

Tim MCCC Kecamatan memberikan bantuan kepada Ojol (Lazismu)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu