Mata Hati: Corona..Ohh..Corona | Berita Populer Lazismu


Ustadz Muhammad Khairul Anam 

Corona..oohh..corona
Oleh Muhammad Khairul Anam, S.Pd.I

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِۖ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡحَكِيمُ ١
“ Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana “ (Q.S. Al-Hadid : 1)

Segala puji hanya bagi dan milik Allah swt, Dzat penguasa alam semesta, yang semua makhluk berada dalam kekuasaan-Nya
Shalawat dan salam semoga selalu tersampaikan atas diri manusia agung, Nabi Muhammad saw, Sang pembawa dan penyempurna risalah Islam.

Saudaraku, tiada satu pun makhluk yang diciptakan kecuali semuanya sujud dan selalu bertasbih mengagungkan Dzat Allah swt. Makhluk  darat, makhluk udara, makhluk di lautan yang paling dalam, bahkan makhluk super kecil yang tidak bisa di lihat oleh mata telanjang manusia, semuanya bertasbih mengangungkan asma-Nya.

Sebagaimana firman-Nya:
سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِۖ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡحَكِيمُ ١
“ Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana “ (Q.S. Al-Hadid : 1)

Abad ini, dunia digemparkan dengan fenomena merebaknya virus corona yang konon bermula dari negara China. Makhluk Allah swt yang sangat super kecil ini, ternyata mampu memporak-porandakan tatanan kehidupan manusia.

Dulu, ternyata  ada juga makhluk Allah swt yang mampu memporak-porandakan  kehidupan manusia. Kita tengok sejarah yang pernah terjadi ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, seperti tergambar dan terkisahkan dalam Al-qur’an.

Kisah pertama tentang seorang raja dzalim penguasa Mesir yang bernama Raja Ramses II atau yang lebih dikenal dengan sebutan  Fir’aun. Dengan kekuasaan, kekayaan, bala tentara yang begitu hebat yang tidak tertandingi pada zamannya, menjadikan dia lupa diri. puncak kesombongannya saat fir’aun memproklamirkan dirinya sebagai Tuhan yang harus disembah oleh rakyatnya.

Kemudian Allah swt mengutus hambanya yang bernama Musa As dengan membawa kalimat  tauhid untuk menyadarkan fFr’aun, bahwa hanya Allah swt sajalah Tuhan dan penguasa alam semesta.
وَقَالَ مُوسَىٰ يَٰفِرۡعَوۡنُ إِنِّي رَسُولٞ مِّن رَّبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ١٠٤
Artinya : Dan Musa berkata: "Hai Fir´aun, sesungguhnya aku ini adalah seorang utusan dari Tuhan semesta alam“. (Q.S Al-A’raf : 104)

Fir’aun menolak dakwah Nabi Musa As, lalu Allah swt menurunkan beberapa peringatan berupa makhluk-Nya kepada Fir’aun. Sebagaimana firman-Nya :
فَأَرۡسَلۡنَا عَلَيۡهِمُ ٱلطُّوفَانَ وَٱلۡجَرَادَ وَٱلۡقُمَّلَ وَٱلضَّفَادِعَ وَٱلدَّمَ ءَايَٰتٖ مُّفَصَّلَٰتٖ فَٱسۡتَكۡبَرُواْ وَكَانُواْ قَوۡمٗا مُّجۡرِمِينَ ١٣٣
“ Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa” (Q.S Al-A’raf : 133)


Akhir cerita, akhirnya Allah swt menghancurkan Fir’aun beserta bala tentara dan kekuasaannya dengan menenggelamkannya di lautan. Sebagaimana firman-Nya :
وَإِذۡ فَرَقۡنَا بِكُمُ ٱلۡبَحۡرَ فَأَنجَيۡنَٰكُمۡ وَأَغۡرَقۡنَآ ءَالَ فِرۡعَوۡنَ وَأَنتُمۡ تَنظُرُونَ ٥٠
“ Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Fir´aun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan” (Q.S Al-Baqarah : 50)

Bahkan tidak hanya itu saja, Allah swt mengabadikan jasad Fir’aun sebagai peringatan bagi makhluk sesudahnya. Sebagaimana firman-Nya :
فَٱلۡيَوۡمَ نُنَجِّيكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُونَ لِمَنۡ خَلۡفَكَ ءَايَةٗۚ وَإِنَّ كَثِيرٗا مِّنَ ٱلنَّاسِ عَنۡءَايَٰتِنَا لَغَٰفِلُونَ ٩٢
“ Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami “. (Q.S Yunus:92)

Corona merupakan peringatan bagi kita, bahwa ternyata kita hanyalah makhluk lemah dengan segala keterbatasan. Kembali kepada Allah swt merupakan jalan terbaik agar hidup ini senantiasa bersahaja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu