Teladan Kepedulian | Berita Populer Lazismu



Ustadz Andi Hariyadi 


LAZISMUSBY.COM

TELADAN KEPEDULIAN

Beragam persoalan kehidupan, baik dari aspek sosial ekonomi, kemanusiaan dan keagamaan membutuhkan solusi yang tepat, agar persoalan-persoalan tersebut segera diatasi dan tidak membawa dampak yang lebih parah yang tentunya akan lebih sulit mengatasinya. Untuk itu kita harus banyak belajar dari dinamika yang ada, sekaligus dapat mengambil hikmah atas persoalan yang ada, sehingga semakin menyadarkan kepada kita. serta mampu berkontribusi  sebagai wujud peduli dengan memberikan bantuan, pertolongan dan penyelamatan.

Hal inilah yang menjadi salah satu misi Rasulullah Muhammad SAW dalam mengemban amanatnya untuk berdakwah kepada manusia yang memiliki beragam latar belakang yang ada, meski penuh tantangan dan perlawanan, perjuangan mengajak pada ketauhidan tetap dimaksimalkan agar terjadi perubahan untuk meraih hidup penuh kebahagiaan dan kemuliaan.

Ketika proses perubahan berhadapan dengan kondisi kemapanan seringkali berseberangan karena berbeda kepentingan, satu sisi bersifat dinamis menuju yang lebih baik, sedang disisi lain cenderung pasif, monoton dan enggan berubah sehingga disinilah pentingnya keteladanan dalam kepedulian. Apa yang dirasa berat dan sepertinya tidak ada jalan keluar, dari semangat kepedulian akan mampu menjadi daya dorong tercapainya perubahan yang lebih berarti. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ath Thalaq 4 : ... Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.

Ajaran agama Islam dan dakwah perjuangannya diantaranya sarat dengan pesan-pesan kepedulian yang telah diberikan berbagai contoh real keteladanan, hal ini menunjukkan adanya keterkaitan yang sangat  erat antara ajaran dan praktek keteladanan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW (Al Ahzab 21).

Teladan kepedulian menjadi bagian dari pilar dakwah Islam, sehingga kita harus bersungguh sungguh untuk berlomba dalam kebaikan (Al Maidah 148), sehingga jangan sampai kita tertinggal dalam berbuat kebaikan dengan yang lainnya, adanya semangat juang yang tinggi untuk lebih peduli berarti keberadaan kita sangat berfungsi dalam kehidupan ini, lebih-lebih kebaikan kita yang didasari keikhlasan maka dihadapan Allah SWT tidak ada kesia-siaan, justru akan dibalas yang lebih baik (Ar Rahman 60).

Kesadaran untuk menumbuhkan keteladanan kepedulian hendaknya menjadi bagian dari kehidupan kita, karena dari keteladanan itu bisa menjadi contoh terbaik untuk menginspirasi lahir dan hadirnya pribadi-pribadi yang terdepan menjadi panutan. Kepeduliannya mampu menyingkirkan tarikan ego yang cenderung mempertimbangkan keuntungan materialistik dan politis semata, untuk bergerak cepat memberikan bantuan.

Teladan kepedulian dalam ajaran Islam begitu variatif, hal ini menunjukkan bahwa aksi kepedulian harus dilakukan sesegera mungkin, tanpa mempertimbangkan latarbelakang yang ada serta tetap memberikan layanan yang prima meski terdapat keterbatasan yang ada.

Ada beberapa petunjuk dalam alqur’an yang mengajarkan sikap teladan dalam kepedulian, diantaranya tentang : 1) Untuk peduli pada anak yatim dan menganjurkan memberikan makan orang miskin (Al Ma’un);  2) Bergerak mengeluarkan manusia dari kegelapan hidup kepada kehidupan yang bercahaya terang benderang (Ibrahim 1);  3) Mengimplementasikan kebajikan yang sempurna ( Al Baqarah 177, 195); 4) Selalu meningkatkan kemampuan dan kualitas diri (Ali Imran 138, Al Baqarah 286); 5) Bersabar dan bertawakkal dapat meraih kemenangan (Ali Imran 200). Dan masih banyak lagi ayat-ayat alquran yang memberikan petunjuk kepada kita untuk menjadi teladan dalam kepedulian.

Teladan kepedulian tidak sekedar diwacanakan tetapi harus dibuktikan dalam kerya nyata, kerja nyata dan berdaya guna, karena kepedulian merupakan gerakan aksi cepat dan tanggap, kalau masih sekedar diwacanakan dan didiskusikan saja masih belum menyentuh persoalan yang ada. Semisal ada bencana alam, wabah penyakit menular dan sejenisnya harus ditangani secara cepat, kebutuhan mereka harus segera diidentifikasi dan ditindaklanjuti, untuk  mengurangi berbagai dampak yang terjadi.

Mengingat luasnya ruang lingkup layanan kepedulian, sehingga diperlukan sinergi dari berbagai pihak yang berkaitan untuk menyamakan visi dan misi gerakan serta merumuskan aksi kebersamaan agar terjadi percepatan penyelesaian permasalahan.

Setidaknya ada tiga aspek dalam upaya menggerakkan teladan kepedulian, yaitu aspek : 1) Perubahan, bahwa teladan kepedulian harus mampu melakukan perubahan yang lebih baik, baik meliputi perubahan pola berpikir, pola bertindak dan pola berkarya; 2)    Percepatan, aksi kepedulian akan menjadi teladan manakala mampu bertindak cepat dan tepat sasaran, lebih lebih dalam penanganan penyelamatan; 3) Aksi Kemanusiaan, bahwa layanan dan bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan masyarakat, jangan mengesankan eklusifisme, hanya untuk kepentinan kelompok dan golongannya serta keluarga saja, tetapi benar-benar dilakukan untuk semua masyarakat.

Teladan kepedulian merupakan implementasi dari keimanan dan ketaqwaan, dimana kedekatannya pada Allah SWT mampu melakukan kedekatan pada sesama makhlukNya, dan  ketaatan padaNya juga mampu diwujudkan dengan memberikan kepedulian untuk mencerahkan, memberdayakan dan mensejahterakan.

Teladan kepedulian merupakan sikap yang terbangun kesadarannya untuk bisa berbagi dan  peduli. Teladan kepedulian merupakan cermin akhlaqul karimah yang mampu beramal sholeh. Mari peduli dan berbagi sebagai sikap keteladanan muslim yang berarti. (*)

Penulis: Drs. Andi Hariyadi, M.Pd.I
Editor: Habibullah Al Irsyad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu