Redaksi: Menjemput Hidayah Al quran : Berita Populer Lazismu


Ustadz Abdul Hakim, MPdI


LAZISMUSBY.COM 

MENJEMPUT HIDAYAH ALQURAN

Khalayak donatur dan muzakky yang dirahmati Alloh swt.

Di samping beragam nikmat besar lainnya, Alquran adalah nikmat utama yang dianugerahkan Alloh kepada manusia  melalui Rosululloh Muhammad saw. Kitab suci yang diturunkan di bulan suci Romadhon itu adalah  sumber rahmat,  hidayah, pedoman hidup untuk seluruh manusia. Tentu saja, kitab wahyu yang sempurna ini rujukan utama bagi mereka yang bertaqwa (QS Albaqoroh ayat 2).

Berkat Alquran, manusia mengalami pencerahan. Dapat membedakan antara yang hak-bathil, pahala-dosa, halal-haram, suci-najis, baik-buruk, hina-mulia. Semua nilai dan norma itu ditetapkan Alloh sepenuhnya agar manusia menerimanya dengan sami’na wa atho’na. 

Sebagai sumber utama Islam (di samping Hadits), Alquran menjelaskan beragam tema besar. Misalnya, Ketuhanan, Kenabian, Kemanusiaan, Alam, Hukum, dan Surga-Neraka. Alquran menetapkan klasifikasi muatannya ke dalam aspek normatif meliputi aqidah, syariah, ibadah, muamalah, dan akhlaq sebagai satu kesatuan utuh.

Berbeda dengan kitab lainnya, Alquran juga menjelaskan fenomena alam semesta melalui ayat-ayat kauniyah. Ayat-ayat yang menjelaskan fenomena sains seperti matematika, fisika, geologi, biologi, flora, fauna, astronomi, hukum, ekonomi, politik, pendidikan, social, individu dan keluarga bertebaran di dalamnya. Mengajak umat Islam untuk melakukan eksplorasi spiritual dan intelektual berbasis Iqro’.

Untuk apa? Agar kita meraih hidayah darinya. “Robbana, tidak ada yang batil atas  ayat dan ciptaan-Mu ini.” QS Ali Imron 191.

Alquran memerintahkan setiap muslim untuk tidak sekedar membaca kitab ini secara harfiah. Menghafal dan merenungkan makna dan pesan yang tersurat maupun tersirat di dalamnya adalah pintu bagi terbukanya  hidayah. “Adakah mereka tidak melakukan tadabbur (apresiaasi) Alquran? Atau, hati mereka tertutup?” demikian diingatkan dalam Surat Muhammad ayat 24.

Perintah tilawah, tadarus, dan tadabbur adalah amanat kitab suci ini sebelum merespon perintah dan larangannya, serta demi meraih  hidayah dan kemuliaan darinya. Demikian tinggi nilai keutamaan dan hidayah Alquran, sehingga Rosululloh harus bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang banyak mempelajari Alquran dan yang mengajarkannya.” HS Bukhori-Muslim.

Demikian tegas Alquran memerintahkan agar kita selalu meng-Ilmui, meng-Imani, dan meng-Amalkan, sehingga manusia yang jauh  dari Alquran, bukan saja jauh dari hidayah, bahkan disebut seperti anjing atau lebih buruk dari binatang, serta diancam pasti akan dicampakkan ke dalam neraka jahanam. (QS Al-A’rof 176 dan 179). (*)

Penulis: Abdul Hakim
Editor: Habibullah Al Irsyad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu