Siswa SD Muhammadiyah 22 Surabaya Belajar Pendidikan Karakter Dengan Membagikan Nasi Bungkus di Hari Jumat | Berita Populer Lazismu


Siswi SD Muhammadiyah 22 Membagikan Nasi Bungkus kepada pengguna jalan (Andi Hariyadi/LAZISMUSBY.COM)

LAZISMUSBY.COM- Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 22 Surabaya mengenalkan lingkungan sekolah dengan ibadah, membaca Al Quran dan membagikan nasi bungkus beserta minumannya kepada warga sekitar sekolah SD Muhammadiyah 22 Surabaya, Jumat (19/7/19).

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 22 Listianah, SE.I mengatakan, memasuki awal kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah 22 Surabaya ada beberapa kegiatan mulai dari pengenalan siswa, pengenalan lingkungan sekolah, kegiatan pembiasaan ibadah dan membaca alqur'an.

 "Kegiatan ini agar siswa lebih mempererat persaudaraan, dan memperkuat pengamalan ibadah agama Islam, khusus kelas 3 (A,B,C,D) mengadakan "jumat berkah", dengan membawa nasi bungkus beserta minumannya, untuk dibagikan ke warga disekitar lingkungan sekolah," ujar dia kepada LAZISMUSBY.COM.

Menurut dia, inisiatif guru-guru kelas 3  patut diberikan apresiasi, mengingat kegiatan jumat berkah dengan membagikan nasi ke warga merupakan upaya pendidikan karakter untuk peduli sesama, agar diusianya yang sejak dini tertanam sikap mau berbagi untuk peduli.

"Semangat siswa begitu luar biasa antusiasnya, turun dari ruang kelas di lantai dua berbondong-bondong berbaris secara tertib dengan membawa nasi untuk untuk segera dibagikan ke warga yang lewat di jalan Kemlaten Baru di depan sekolah," kata Ustadzah Ira saat mengatur pembagian jumat berkah.

Sementara Ustadz Budiono saat mendampingi pembagian nasi jumat berkah mengatakan, kegiatan seperti ini akan menjadi bagian dari penguatan pendidikan karakter, sehingga siswa sadar pentingnya berbagi terhadap sesama.

Demikian juga ustadzah Marni, begitu sibuk mengatur tehnik pembagian nasi bungkus, lebih lebih ada beberapa siswa dengan suara yang lantang menyampaikan, "jumat berkah-jumat berkah" pada warga yang lewat di depan sekolah.

"Anak-Anak begitu tulus saat berbagi ada 100 lebih  nasi bungkus jumat berkah, dan dalam waktu sekitar 15 hingga 20 menit sudah habis dibagi. Semoga karakter ini tetap terjaga menjadi sikap kesehariannya," ujarnya.

Warga yang lewat merasa senang, pagi pagi sudah dapat sarapan, dan menyampaikan terima kasih, semoga diterima Allah SWT sebagai amal soleh, demikian pernyataan seorang pedagang sayuran salah seorang yang menerima nasi jumat berkah.

Akmal, Naufal, dan Khoirun Nisa' beserta seluruh teman-temannya, merasa senang bisa berbagi dan ingin bisa dilanjut kembali.
Setelah membagi nasi jumat berkah, siswa kelas 3 menuju ke masjid untuk membaca Alqur'an yang dibimbing oleh Ustadz dan Ustadzah SD Muhammadiyah 22. (Andi Hariyadi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu