800 Siswa Mengikuti Pemeriksaan Mata | Berita Populer Lazismu


Siswa SD Muhammadiyah 6 Gadung tengah menjalani pemeriksaan mata (Abdul Hakim/LAZISMUSBY.COM)

LAZISMUSBY.COM-Lebih dari 300 siswa SD Muhammadiyah 24 dan 500 siswa SD Muhammadiyah 6 Surabaya, mengikuti Program Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Mata yang diselenggarakan Pemerintah  Kota Surabaya bekerjasama dengan PT SMI (Semangat Membangun Indonesia) dan Perdami (Persatuam Dokter Mata Indonesia) cabang Surabaya.

Kegiatan sosial pemeriksaan ini dilaksanakan di ruang Aula Sekolah SD Muhammadiyah 6 Gadung Surabaya, Senin (29/07/19).

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 24, Norma Setyaningrum, S.Pd. kepada LAZISMUSBY.COM menyampaikan, ada beberapa apresiasi atas kegiatan edukatif ini.

Pertama, Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Mata ini memberi data dan peta kondisi kesehatan mata para siswa kami secara lebih riil berdasarkan pemeriksaan ahlinya.

Kedua, siswa diharapkan lebih menyadari fungsi dan manfaat kesehatan mata sehingga ikut menjaga dan merawatnya sejak dini.

Ketiga, lanjutnya, malalui kegiatan ini masyarakat, khususnya wali murid mengetahui peran sekolah dalam menjaga kesehatan siswa di samping tugas utamanya sebagai lembaga pendidikan.

Keempat, katanya, siswa meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan mata.

Kelima, sebagian siswa yang mengalami gangguan kesehatan mata menerima bantuan kacamata sesuai hasil pemeriksaan yang lebih teliti dan valid," katanya.

Sementara itu, Munahar, S.Ag. dalam kesempatan yang sama menyampaikan, rasa syukur dan terima kasih kepada pemkot,  atas acara pemeriksaan dan penyuluhan yang bersifat edukatif bagi siswa. "Melalui pemeriksaan dan penyuluhan ini, kita jadi tahu kondisi kesehatan mata siswa kita. Sebagian siswa kita ternyata ada yang mengalami rabun jauh akibat radiasi bermain HP setiap waktu,"ujarnya.

Menurut Munahar, para siswa yang mengalami kasus kesehatan mata tentu perlu ditreatment di antaranya penyadaran agar mengurangi kebiasaan bermain HP yang bisa beresiko radiasi buruk bagi kesehatan mata.

"Para siswa menerima penyuluhan agar sering mengkonsumsi buah dan sayuran yang baik bagi kesehatan mata. Hasil pemeriksaan dan penyuluhan ini tentu menjadi feedback bagi sekolah dan orang tua agar bisa bekerjasama dalam menjaga kesehatan mata siswa khususnya, serta kesehatan pada umumnya. Pemerintah bersama lembaga kesehatan mata terkait, perlu menyelenggarakan program pemeriksaan dan penyuluhan secara berkala,"tambahnya. (Abdul Hakim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu