Setelah di Wisuda, Jangan Tinggalkan Lima Pesan Moral ini

M.Ridwan (tengah) 
(Foto: Abdul Hakim/lazismu)

LAZISMUSBY.COM-Lukmanul Hakim adalah salah satu tokoh pendidikan terbaik yang namanya diabadikan dalam Alquran dan menjadi teladan pendidikan sepanjang zaman di samping Rosululloh Muhammad saw.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya Dr. M. Ridwan, M.Pd dalam acara Wisuda Purnasiswa SMAM3 Surabaya di Balai Pemuda, Sabtu (20/4/19).

"Nilai-nilai pendidikan apa sajakah yang beliau wariskan kepada kita?" tanya M. Ridwan kepada peserta Wisudawan.

Pertama,  Lukmanul Hakim berpesan agar selalu taat kepada Alloh. "Jangan sampai menyekutukan-Nya dengan apa pun. Sebab syirik itu dosa yang sangat besar. Alloh mengampuni dosa apa pun, tetapi dosa syirik tiada maaf bagi siapapun," papar Waki Rektor UMSurabaya itu.

Kedua, kata dia, jadilah hamba Alloh yang pandai bersyukur atas segala nikmat-Nya. "Barangsiapa bersyukur maka dia telah bersyukur untuk dirinya. Kita bersyukur karena semua nikmat itu milik Alloh, Pemilik semua yang ada di alam semesta ini. Jangan sekali-kali kita kufur nikmat. Tanda kita menyukuri nikmat itu adalah dengan menggunakan untuk melaksanakan kewajiban kita kepada-Nya serta menjauhi larangan-Nya," ujarnya.

Ketiga, sambungnya, selalulah berbakti kepada kedua orang tua yang telah sangat berjasa kepada kita. "Orangtua kita telah mencurahkan kasih-sayang dan  cinta sucinya kepada kita sejak mengandung dan saat membesarkan kita,  dengan susah payah bahkan siap mengorbankan nyawanya,"katanya.

Keempat, bekalilah hidup dengan akhlaq mulia. "Akhlaq mulialah yang menentukan derajat dan martabat kita baik di hadapan Alloh maupun di hadapan manusia. Nilai manusia itu bukan dari fisik atau materi. Tetapi dari akhlaq dan ketaqwaannya," tandasnya

Kelima, hiasilah pergaulan hidup dengan sifat rendah hati, jujur, peduli, tanggung jawab, kerjasama,  serta toleransi. Jangan kasar, keras dan menghalalkan segala cara.

"Semoga kalian semua sukses dan mulia, taat kepada Alloh, berakhlaq mulia serta selalu bakti kepada kedua orang tua. Semoga kalian menjadi pemimpin masa depan yang menjadi teladan bagi siapapun," pungkasnya. (Abdul Hakim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu