Begini Cara Sekolah ini Memperkenalkan Profesi Kepada Peserta Didiknya


Yahya lesmana menjelaskan cara penggunaan APAR. (Foto: ratna)

LAZISMUSBY.COM-Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah 48 Sidotopo Wetan Kenjeran Kota Surabaya mengunjungi  Kantor Pemadam Kebakaran di daerah Wiyung Surabaya barat, Sabtu (2/4/2019).

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan profesi secara lebih mendalam, mengajarkan cara menyelamatkan diri, menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan kecerdasan sosial anak. Sehingga anak diharapkan mampu menghargai profesi hingga mengetahui cara mengatasi bahaya khususnya api,"kata Siti Aisah kepada LAZISMUSBY.COM

Kepala TK Aisyiyah 48, Ibu Siti Aisah menjelaskan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena pada kegiatan ini anak diperkenalkan langsung profesi pemadam kebakaran hingga diajari bagaimana cara menanggulangi bahaya, khususnya berkaitan dengan api.

“Kegiatan ini merupakan upaya pengenalan profesi kepada anak-anak, sehingga diharapkan menambah wawasan tentang profesi, kepada anak-anak secara nyata dan mampu menghargai profesi yang ada,"ucapnya

“Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan anak mengenai manfaat hingga bahaya api, serta upaya menanggulangi bahaya yang berkaitan dengan api,"sambungnya.

"Sesampainya di lokasi, anak-anak disambut oleh para petugas kebakaran dengan penuh keramahan. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan dan edukasi mengenai kebakaran.

"Anak-anak diperkenalkan dengan macam-macam perlwngkapan perlindungan diri pemadam kebakaran beserta fungsinya masing-masing dan berkesempatan menggunakan atribut lengkap pemadam kebakaran khusus anak-anak. Seperti baju tahan api, helm pelindung kepala, masker anti asap, alat pemadam api ringan (APAR) hingga sepatu,"katanya.

Selain itu, kata dia, pada kesempatan kali ini petugas mengajak anak-anak berkeliling menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan bunyi sirine yang meraung-raung. Pada acara puncaknya yaitu bermain dengan semprotan pemadam kebakaran, anak-anak begitu antusias dan ceria.

“Bu, bu. Seru main airnya,” ungkap Arvin dengan wajah sumringah.

Bu Aisah, panggilan akrabnya, menambahkan, sikap antusias anak dalam kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi anak dalam belajar, menghargai profesi hingga mampu meningkatkan keterampilan anak dalam menyelamatkan diri khusunya yang berkaitan dengan api.

“Anak-anak memang sangat perlu dib
eri wawasan mengenai kebakaran dan diperkenalkan proses pemadaman kebakaran sejak usia dini, karena ini.merupakan salah satu upaya menyelamatkan diri anak dari bahaya” katanya

Dengan kunjungan tersebut, anak-anak TK Aisyiyah 48 diharapkan bisa menamwah wawsan anak-anak dan dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

”Pada kegiatan ini, Alhamdulillah anak-anak bersemangat Selamma kegiatan berlangsung dan insyaallah mampu menjadi penyemangat untuk mengembangkan kegiatan yang lebih baik lagi," (Ratna)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu