Agar Minat Membaca Siswanya Meningkat, Sekolah ini Kunjungi Perpustakaan

Nuril/Lazismusby.com 
Anak TK Aisyiyah 48 di Perpustakaan Balai Kota Surabaya 


LAZISMUSBY.COM-Puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah 48 Sidotopo Wetan Kenjeran Kota Surabaya mengunjungi Perpustakaan Umum Kota Surabaya di Balai Pemuda Kota Surabaya, Rabu (27/3/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan perpustakaan dan membiasakan mereka dalam memanfaatkan perpustakaan sekaligus memupuk, menanamkan serta menumbuhkan minat baca sejak dini.

Kepala TK Aisyiyah 48, Ibu Siti Aisah mengatakan, semakin dini anak dikenalkan perpustakaan akan menumbuhkan minat baca semakin baik.

“Semua anak didik dari TK B ABA 48 diajak ke perpustakaan, dengan tujuan mengenalkan anak sejak dini perpustakaan itu seperti apa dan bagaimana manfaatnya,”katanya.

Menurut dia, pendidikan anak usia dini baik (PAUD) dan TK penting untuk tumbuh kembang anak kedepan sebelum menempuh kejenjang pendidikan dasar (SD). Sebab, pada masa usia dini tersebut bisa menumbuhkan karakter kuat sang anak.

“Pada periode emas tersebut, kemudian akan menjadikan fondasi bagi perkembangan anak dan sangat berpengaruh pada masa depan mereka,”ujarnya.

Anak-anak perkelompok didampingi kakak-kakak petugas perpustakaan tersebut dan guru kelas mereka masing-masing untuk menemani dan mengenalkan satu per satu bagian ruangan perpustakaan, seperti pojok komputer, pojok baca, pojok bahasa.

“Selain dari guru pendamping, sambungnya, kami juga ditemani pustakawan dan sekaligus menjelaskan setiap ruang yang ada di perpustakaan,” ucapnya.

Aisah, panggilan akrabnya, menambahkan, kegiatan tersebut sengaja dipilih untuk membuat anak didik tertarik ke perpustakaan. Perpustakaan Umum Kota Surabaya, terdiri dari berbagai kegiatan anak selain mengenalkan perpustakaan dan meningkatkan minat baca.

"Anak-anak juga di ajak bermain, bernyanyi dan mendengarkan dongeng dari salah satu pustakwan, anak-anak juga telah disediakan hadiah doorprize bagi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kakak-kakak pustakawan. sebagai upaya memacu mereka dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut,"katanya.

“Walaupun sebenarnya mereka belum lancar membaca, setidaknya mereka dapat mengetahui bagaimana perpustakaan dan cerita dongeng yang dibawakan. Membuat anak-anak menjadi antusias mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh salah satu pustakawan,” ucapnya.

Dengan kunjungan tersebut, anak-anak TK Aisyiyah 48 diharapkan tumbuh kecintaaannya kepada perpustakaan dan buku-buku. ”Anak-anak sangat antusias dengan kunjungan ini. Ini awal yang baik, insya Allah ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut," (Nuril)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu