Nur Cholis Huda: Tiga Pilar Cara Menulis Artikel

Nur Cholis Huda mengisi materi di Rakorsus PCM Kenjeran (Foto: habibie) 


LAZISMUSBY.COM-Bekal utama dalam menulis adalah memiliki keyakinan bahwa pasti bisa.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Drs H Nur Cholis Huda, MSi dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Majelis Tabligh Pimlinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kenjeran di MI Muhammadiyah 25 Surabaya, Ahad (3/3/2019).

"Bekal utama dalam menulis itu memiliki keyakinan bahwa dirinya pasti bisa, semangat pantang menyerah, sadar bahwa orang tidak akan melampaui dari yang diyakini,"paparnya.

Nur Cholis Huda, melanjutkan, ketika menulis artikel kita sedang menawarkan informasi, gagasan, analisa, tanggapan, catatan dan peristiwa.

"Ada tiga pilar dalam menulis artikel, pertama. Isi, sebagai kualitas produk. Isi tulisan tidak basi, harus baru supaya pembaca mendapat pengatahuan baru dan segar, beberapa materi bisa dari satu tema tetapi dari sudut pandang yang berbeda, harus mengatahui calon pembacanya, menulis masalah yang dikuasai dan perlu adanya perenungan," ujarnya.

Kedua, sambungnya, bahasa. "Bahasa adalah busana dan jembatan bagi pembaca memahami maksud tulisan, maka bahasnya harus indah, mudah seperti bertutur. Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalimat pendek dan komunikatif, menggunakan bahasa ringan dan enak dibaca," katanya.

"Selain itu bahasanya juga harus bisa dirasakan, memakai kata yang sudah dikenal umum, sedikit singkatan dan menghindari pengulangan kata yang sama dalam satu kalimat," katanya.

Ketiga, cara penyajian. "Bagian awal ibarat etalase toko, buat bagian awal memgundang rasa ingin tahu misalnya judul dan beberapa alenia awal, katanya bisa pendapat tokoh, anekdot, pengalaman, pernyataan singkat dan hindari soal teknis yang njelimet," tukasnya. (aksar/habibie)

Pemberian Cindra mata oleh Lukman Hariyanto 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu