Sejak Dini, Sekolah ini Ajarkan Adab Makan dan Minum Sesuai Ajaran Islam

Sejak dini Anak TK Aisyiyah belajar makan dan minum (Foto: Riska) 


LAZISMUSBY.COM-Kelompok Bermain (KB) Aisyiyah 27 Kenjeran Surabaya mengadakan kegiatan akhir bulan atau kegiatan akhir semester dengan makan bersama di sekolah KB Aisyiyah 27 Jl Platuk No 31 Kenjeran Surabaya, Kamis (31/1).

Ibu Riska menyampaikan, Kelompok Bermain ini di Ajarkan Adab Makan Minum Sedari Dini. "Kelas muharrom dan kelas safar berkumpul di dalam kelas untuk mengikuti kegiatan di akhir bulan yaitu makan bersama. Mulai awal semester 2 ini ada hal lain yang mulai diajarkan oleh para guru KB ini.

Beda dari semester 1 kemarin setiap akhir bulan diadakan makan bersama anak-anak mulai nasi sampai air minum diambilkan oleh ibu guru, kalau semester 2 ini anak-anak diajarkan mandiri. Mereka mengambil sendiri mulai nasi, sayur, lauk dan minum, anak-anak diharuskan mengambil sendiri,"ujarnya.

"Dengan arahan Bu Guru anak-anak usia dini ini diajarkan berbaris rapi menunggu giliran untuk mengambil makan dan minum, mulai mengambil piring, sendok, dan gelas minum, anak-anak diwajibkan antri, lalu anak-anak mengambil nasi dan lauk sesuai selera dan keinginan mereka, agar tidak ada makanan yang tersisa. Setelah mengambil makan minum anak-anak dianjurkan duduk untuk menunggu temannya yang lain selesai mendapat giliran, baru setelah itu berdo'a dan makan secara bersama-sama," ucap Riska.

Menurut Kepala Sekolah KB AISYIYAH 27 Sri Mulyani A,Ma mengatakan, kebiasaan ini baru saja kami lakukan di semester 2 mengingat kemampuan anak-anak usia dini mulai berkembang dengan baik di usia emasnya. "Dengan diajarkan tertib seperti ini mereka akan terbiasa bersikap disiplin.

Salah satu murid bernama zahira ketika ditanya, zahira sedang antri apa? Ambil makan bu, lauknya apa itu? Sayur sawi sama udang, zahira suka bisa makan sayur bersama dengan teman-teman lain?, "suka bu" jawabnya.

"Semoga kebiasaan ini bukan hanya bisa diterapkan di sekolah, tapi orang tua bisa membiasakannya juga di rumah agar anak-anak semakin mandiri dan punya sikap disiplin sejak dini,"tutur Ibu Guru Sofie. (Habibie)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu