Lazismu dan PD 'Aisyiyah Surabaya Sinergi Berantas TB

Tim Lazismu dan PDA menyerahkan bantuan (Foto: Warsono) 

LAZISMUSBY.COM-TB atau tuberkulosis adalah penyakit pernapasan kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Demikian disampaikan Ketua TB Care Surabaya, Drs Andy Hariadi kepada Lazismusby.com setelah meninjau langsung penderita penyakit TB dirumah Ibu Ucrowiyah di Buntaran 2/85 Manukan Wetan Surabaya.

Andy Hariadi menyampaikan, penularan TB paling umum terjadi melalui udara. "Ketika seseorang yang telah mengidap penyakit TB batuk, bersin, atau berbicara dengan memercikkan ludah, bakteri TB akan ikut melalui ludah tersebut untuk terbang ke udara," katanya

Menurut dia, lingkungan yang lembap, sempit, dan tidak Ada sinar matahari biasanya akan meningkatkan kemungkinan penularan.
Selain  ventilasi udara yang buruk  akan meningkatkan penularan. Dikarenakan kuman yang keluar berkumpul di dalam ruangan tersebut.

"Gejala utamanya adalah batuk terus menerus dan gejala lain adalah batuk dengan dahak bercampur darah, atau batuk darah. Dia merasa sesak napas, nyeri dada, badan lemah dan napsu makan turun umumnya,"ucapnya.

Contoh, sambungnya, seperti yang pernah dialami almarhumah Ibu Ucrowiyah yang beralamat tinggal di Buntaran 2/85 Manukan Wetan Surabaya.

Ustadz Andy, biasa dia dipanggil, bercerita. Selama sakit, dirawat oleh dua putrinya Yuni dan Fitri. Merawat Pasien TB tanpa berbekal pengetahuan tentang penyakit tersebut membuat dua gadis belia itu tertular," cerita dia.

"Ibu Endang kader TB Care Pimpinan Daerah Aisyiyah kota Surabaya akhirnya mengetahui bahwa keduanya positif TB. Selama Menjalani perawatan dan pengobatan selalu mendampingi sampai dinyatakan sembuh total.

"Hidup bertiga dengan neneknya yang dalam keadaan buta tidaklah mudah, apalagi Yuni kini untuk berdiri pun sangat sulit," tutur Ustadz Andy.

Ketua Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kota Surabaya Alifah Hikmawati menambahkan, kami harus mengawal pasien ini sampai sembuh. "Maka pada hari Jum'at 22 Februari 2019 Lazismu Kota Surabaya bersama Pimpinan Daerah Aisyiyah memberikan bantuan kepada keluarga tersebut berupa sembako, sejumlah uang dan Kursi Roda untuk Yuni Astutik," ujarnya.


"Dari Pimpinan Daerah Aisyiyah Surabaya Ibu Hj Shohifah dan di Koordinir langsung oleh ibu Hj Siti Maslamah selaku Koordinator TB HIV Care Surabaya dan beberapa anggota lain ikut mendampingi acara ini," ucapnya.

Masih kata dia, acara  yang bertempat  dirumah Pasien Jl Buntaran 2/85 Surabaya, acara tersebut dihadiri Kasie Kesra Kelurahan Manukan Wetan Ibu Astutik, Kasi Kesra Kec Tandes Ibu Wiwik.

"Diperlukan waktu yang sangat panjang untuk mendampigi dan meneguhkan hati pasien,
Semoga pasien segera mendapatkan kesembuhan seperti semula sehingga bisa menikmati masa masa remaja seperti teman teman seusianya," tukasnya.

Sementara Ketua Lazismu Surabaya Ustadz Sunarko menambahkan, bagi pembaca dan donatur bisa menyalurkan ZISnya melalui BANK SYARIAH MANDIRI (99398 2 01 00 0 00000) An. Infaq LAZISMU kota Surabaya dan BANK MUAMALAT
(76640 2 01 00 0 00000) An. Infaq LAZISMU Kota  Surabaya.

"Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala . menerima amal ibadah kita. Dan semoga Lazismu Terus Mengabdi dan Tiada Henti Memberi untuk Negeri," tuturnya.(Warsono)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gebrakan Baru Surabaya, Dalam 5 Hari Pasien Sembuh Mencapai 742 Pasien

Wali Kota Surabaya Minta Gubernur Jawa Timur Akhiri PSBB Surabaya | Berita Populer Lazismu

Dunia Pendidikan: Goblok Nggak Opo-Opo |Berita Populer Lazismu